Muncul Kabar Warga Malang Terpapar Omicron, Ini Kata Dinkes

Kondisi empat orang pasien itu dalam kondisi baik

Malang, IDN Times - Dinas kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang memberikan penjelasan terkait beredarnya informasi adanya 4 warga Kabupaten Malang yang diduga terpapar COVID-19 varian Omicron. Empat orang tersebut diduga terpapar COVID-19 karena memang berprofesi sebagai sopir dan memiliki mobilitas yang sangat tinggi. 

1. Belum terbukti terpapar Omicron

Muncul Kabar Warga Malang Terpapar Omicron, Ini Kata Dinkesilustrasi varian baru COVID-19, Omicron (IDN Times/Aditya Pratama)

Kepala Dinkes Kabupaten Malang, dr. Arbani Mukti Wibowo menjelaskan bahwa saat ini belum ada konfirmasi resmi apakah keempat orang tersebut terpapar COVID-19 varian Omicron. "Saat ini yang bisa mendeteksi varian Omicron masih di RS Unair. Sampel tesnya masih diteliti lebih lanjut," paparnya Senin (27/12/2021).

Sejauh ini, Arbani mengatakan, sampel yang diduga terpapar COVID-19 varian Omicron itu diteliti dan diketahui kadar infeksius yang rendah. Hal itu membuat empat sampel tersebut belum bisa dikategorikan terpapar COVID-19 varian Omicron. 

"Jadi sementara belum bisa dipastikan apakah itu COVID-19 varian Omicron. Karena nilai circle tracehold atau nilai infeksiusnya rendah," sambungnya. 

2. Kondisi keempat pasien dalam kondisi baik

Muncul Kabar Warga Malang Terpapar Omicron, Ini Kata DinkesIlustrasi Kronologi Penemuan Kasus Pertama Omicron di Indonesia/IDN Times Aditya

Keempat pasien itu, kata Arbani, saat ini dalam keadaan baik dan stabil dan sedang menjalani perawatan di rumah sakit. Namun demikian, Arbani tak menyebut secara rinci di mana keempatnya menjalani perawatan.

"Yang pasti sudah dirawat di rumah dan kondisinya baik. Saat ini kami masih menunggu hasil pemeriksaan di RS Unair," tandasnya. 

Baca Juga: 46 Pasien Omicron Dirawat di RS Wisma Atlet dan RSPI Sulianti Saroso

3. Sudah ada 46 orang yang terpapar varian Omicron

Muncul Kabar Warga Malang Terpapar Omicron, Ini Kata Dinkesilustrasi varian baru COVID-19, Omicron (IDN Times/Aditya Pratama)

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan 46 kasus varian COVID-19 Omicron yang ada di Indonesia berasal dari pelaku perjalanan luar negeri. Oleh karena itu, ia meminta masyarakat untuk tidak berlibur ke luar negeri dulu.

“Hingga saat ini kasus konfirmasi Omicron di Indonesia telah mencapai 46 kasus dan hampir seluruhnya adalah pelaku perjalanan luar negeri yang berasal dari berbagai negara. Ada satu, dua yang dari dalam negeri, pekerja di Wisma Atlet yang tertular dari pelaku perjalanan luar negeri,” kata Luhut dalam keterangan persnya yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (27/12/2021).

Baca Juga: Luhut: Satu Pasien Omicron Lolos dari Wisma Atlet akibat Dispensasi

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya