Comscore Tracker

Hari Kemerdekaan, Persewaan Kostum Naik 50 persen

Koleksi baju dan kostum lengkap

Malang, IDN Times - Bulan Agustus membawa keberkahan sendiri bagi para pengusaha persewaan kostum. Kemeriahan agenda pada bulan kemerdekaan Republik Indonesia itu berdampak positif pada sektor ekonomi. Terutama untik ekonomi kerakyatam macam persewaan kostum. Banyaknya agenda karnaval untuk memeriahkan HUT Republik Indonesia ke 74 memberikan berkah.

Salah satunya dialami Griya Busana Praba Kumala di Jl Gading blok 3/6 Malang.  Persewaan busana kreasi dan tari tradisional tersebut mengaku cukup kewalahan melayani para penyewa. 

1. Peningkatan capai 50 persen

Hari Kemerdekaan, Persewaan Kostum Naik 50 persenIDN Times/ Alfi Ramadana

Persewaan busana milik Endang Guritna itu mengalami kebanjiran order pada bulan Agustus ini. Berbagai macam kostum yang ada ramai diserbu penyewa. Bahkan dalam sehari tak kurang dari 50 penyewa datang ke rumahnya untuk meminjam kostum yang akan digunakan untuk memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia. 

"Kalau penyewa yang datang ke sini bulan Agustus ini cukup banyak. Peningkatanya bisa mencapai 50 persen dari bulan lain. Mereka kebanyakan menyewa kostum untuk kebutuhan karnaval atau juga agenda lain. Bahkan juga digunakan untuk even-even di luar negeri," beber Endang Gurnita. 

2. Koleksi baju dan kostum lengkap

Hari Kemerdekaan, Persewaan Kostum Naik 50 persenIDN Times/ Alfi Ramadana

Endang menyebut bahwa awalnya dirinya membuka bisnis persewaan kostum tersebut adalah untuk memenuhi kebutuhan tari muridnya. Namun, kemudian kostum buatanya banyak yang menyewa. Sehingga ia memutuskan untuk menjadikan hal itu sebagai bisnis persewaan kostum. Bahkan kini koleksi dari Griya Busana miliknya semakin lengkap dan menjadi tujuan bagi penyewa. 

"Saat koleksi kami cukup lengkap. Kalau kostum adat juga cukup banyak mulai dari Aceh, Kalimantan, Jawa ada semua. Tergantung dari penyewa menginginkan pinjam yang mana," tambah Endang. 

3. Harga sewa berfariasi

Hari Kemerdekaan, Persewaan Kostum Naik 50 persenIDN Times/ Alfi Ramadana

Lebih jauh, Endang mengakui bahwa untuk harha sewa kostum miliknya berfariasi. Harga sewa tersebut bergantung pada bahan, tingkat kesulitam dalam pembuatan hingga motif yang ada pada kostum. Sehingga penyewa bisa memilih serta menyesuaikan dengan budget yang mereka miliki. 

"Kalau di sini untuk anak-anak TK kisaran Rp 40 ribu. Sementara untuk orang dewasa paling malang sekitar Rp150 ribu untuk dua hari. Jika lebih dari dua hari maka akan terkena charge," sambungnya. 

Baca Juga: Serunya Lomba Baris-Berbaris bagi Tuna Netra di Malang

4. Banyak pilihan kostum

Hari Kemerdekaan, Persewaan Kostum Naik 50 persenIDN Times/ Alfi Ramadana

Sementara itu, Sugeng Winarto salah satu penyewa mengakui bahwa referensi di Griya Busana Praba Kumala cukup banyak. Sehingga ketika hendak menyewa, dirinya bisa memilih sesuai keinginan hati. Belum lagi harganya juga relatif terjangkau. 

"Kebetulan kalau saya meminjam kostum ini dalam rangka untuk memeriahkan hari kemerdekaan di Janti. Saya mau mencari kostum untik raja," pungkasnya. 

Baca Juga: 120 Kostum Bertajuk 'The Kingdom of Blambangan' Memukau Wisatawan

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya