Tinjau UMKM Tour of Kemala, Istri Kapolri Puji Rasa Kopi Banyuwangi

Ia punya cara unik tersendiri untuk mencoba kenikmatan kopi

Banyuwangi, IDN Times - Ribuan peserta Tour of Kemala 2023 resmi mengaspal di sepanjang rute di Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (7/10/2023). Para peserta mulai mengayuh pedal sepeda dari garis start di pantai Marina Boom sekitar pukul 05:30 WIB dengan panjang rute maksimal 128 kilometer.

Bendera pelepasan dikibarkan langsung oleh Ketua Umum Bhayangkari, Juliati Listyo Sigit Prabowo yang didampingi Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani. Ajang sport bernuansa tourism ini digelar selama dua hari, di mulai tanggal 7 hingga 8 Oktober 2023 dan diikuti sedikitnya 1.420 pesepeda dari berbagai daerah. "Semangat, kami tunggu di garis finish. Selamat bertanding," kata Juliati sembari melepas para pesepeda di garis start.

1. Diawali bakti sosial

Tinjau UMKM Tour of Kemala, Istri Kapolri Puji Rasa Kopi BanyuwangiBakti sosial sebelum Tour of Kemala digelar di Banyuwangi. (IDN Times/ Agung Sedana)

Sebelum digelar, rombongan Bhayangkari telah melakukan bakti sosial dengan memberikan bantuan kepada nelayan. Kemudian disusul dengan kegiatan melepas tukik hingga menanam pohon bakau di area tepi pantai.

Tidak sekadar bakti sosial tersebut, rangkaian Tour of Kemala sendiri menjadi dukungan yang nyata untuk industri wisata di Banyuwangi. Sebagaimana diketahui ajang balap sepeda yang diinisiasi oleh Yayasan Kemala Bhayangkari ini melintasi destinasi wisata hingga landmark daerah.

2. Borong dagangan UMKM

Tinjau UMKM Tour of Kemala, Istri Kapolri Puji Rasa Kopi BanyuwangiKetua Umum Bhayangkari, Juliati Listyo Sigit saat membeli produk di stand UMKM Tour of Kemala Banyuwangi. (IDN Times/ Agung Sedana)

Sembari menunggu para pesepeda sampai di garis finish, Istri Kapolri tersebut menyempatkan untuk menghampiri satu per satu stand UMKM Bhayangkari dari berbagai daerah di Jawa Timur. Bersama rombongan, ia nampak keluar dari stand dengan membawa sejumlah barang yang langsung dibelinya.

Mulai dari UMKM yang menjual produk batik, olahan makanan, oleh-oleh dan berbagai produk lainnya rampung dikunjungi. Termasuk menu sarapan dan makan siang, Juliati membelinya langsung dari stand-stand Bhayangkari tersebut.

Baca Juga: Kapolri Mutasi 60 Personelnya, Irjen Achmad Kartiko Jadi Kapolda Aceh

3. Cara unik Juliati tes rasa kopi

Tinjau UMKM Tour of Kemala, Istri Kapolri Puji Rasa Kopi BanyuwangiPeserta Tour of Kemala Banyuwangi sampai di garis finish. (IDN Times/ Agung Sedana)

Selain mengunjungi stand UMKM Bhayangkari, Juliati Listyo Sigit juga menyempatkan menyapa para UMKM lokal Banyuwangi. Di salah satu stand yang memamerkan produk kopi, ia berhenti. Ia bertukar sapa dan melakukan obrolan singkat dengan penjaga stand.

"Ini kopi apa dari Banyuwangi ya mas? Namanya apa? Tolong boleh saya mencoba yang masih berbentuk biji, tapi yang tidak kecut ada?" ungkap Juliati.

Di situ, Juliati mencoba butiran kopi robusta asli Banyuwangi yang sudah disangrai sempurna. Aromanya menyeruak seketika saat wadah kopi dibuka. Bukannya diseduh, Juliati mencoba kenikmatan kopi asli Banyuwangi dengan mengunyah secara langsung.

Pertama kali mencoba, Juliati mengaku rasa kopi Banyuwangi sangat enak. Tanpa diseduh pun, ia bisa membayangkan kenikmatan kopi asli ini. Tak pelak, Juliati langsung merekomendasikan produk kopi tersebut kepada rombongan lainnya.

"Enak ya, cobain deh. Pahitnya pas, hebat sangrainya. Rekomended ini," pungkasnya.

Sekitar pukul 09:00 WIB, Juliati bersama rombongan dan Bupati Ipuk Fiestiandani menuju podium di garis finish untuk menyambut seluruh peserta yang mulai berdatangan.

Baca Juga: Mengenal Ritual Tiban, Aksi Tarung Cambuk Minta Hujan di Banyuwangi

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya