Penambang Belerang Tewas Terbakar di Kawah Ijen

Asap belerang Kawah Ijen membuat mata pedih

Banyuwangi, IDN Times - Seorang pekerja tambang belerang di Kawah Ijen tewas terbakar api belerang.  Pria nahas tersebut berinisial TH. Pria ini terbakar api di dapur penambangan belerang pada Selasa (30/8/2022) kemarin.

1. Korban alami luka bakar serius akibat belerang yang menyala

Penambang Belerang Tewas Terbakar di Kawah IjenKepulan asap belerang dari dasar Kawah Ijen. (Instagram/ kawahijenindonesia)

Pria tersebut diketahui berusia 46 tahun. Merupakan warga Desa Tamansuruh, Kecamatan Glagah, Banyuwangi. Berdasarkan hasil laporan, pria tersebut mengalami luka bakar yang cukup serius. Sekujur tubuhnya melepuh.

Kapolsek Licin, AKP Dalyono membenarkan adanya insiden nahas tersebut. Saat kejadian berlangsung, korban sedang melakukan pengamanan produksi belerang.

"Setelah disiram, kemudian muncul asap tebal yang mengarah pada korban," ujar Kapolsek Licin, AKP Dalyono, Rabu (31/8/2022).

Baca Juga: 5 Hal yang Wajib Kamu Siapkan Saat Mendaki ke Kawah Ijen

2. Korban dibutakan asap belerang, terhuyung lalu jatuh ke sumber api

Penambang Belerang Tewas Terbakar di Kawah IjenPenambang belerang Kawah Ijen sedang menyiram belerang yang dibakar. (Instagram/kawahijenindonesia)

Peristiwa nahas itu terjadi selepas waktu isya atau sekitar pukul 19.30 WIB. Malam itu, korban yang merupakan petugas sublimasi sedang bertugas. Korban diketahui tengah menyiram belerang yang sedang terbakar dengan air.

Sontak, muncul asap yang cukup tebal dari arah belerang yang terbakar tersebut. Asap tersebut langsung mengarah ke sekujur tubuh korban. Korban yang panik dan tidak bisa melihat sekitar karena asap belerang, berusaha keras untuk menghindar. Mencoba terlepas dari kepulan asap belerang.

Entah karena apa, tiba-tiba saja korban kehilangan keseimbangan tubuh dan terhuyung lalu jatuh tepat ke arah belerang yang masih terbakar. "Korban terpeleset jatuh tengkurap ke api belerang dan terbakar," jelas Kapolsek.

3. Sempat ditolong penambang lain, turuni Kawah Ijen naiki troli belerang

Penambang Belerang Tewas Terbakar di Kawah IjenTroli angkutan belerang, juga dimanfaatkan para penambang sebagai ojek di pendakian Kawah Ijen. (yukbanyuwangi.co.id)

Melihat kejadian tersebut, dua orang penambang yang berada di sekitar korban bergegas menghampiri. Keduanya berupaya menarik korban dari dapur belerang yang sedang terbakar. Namun sayangnya, upaya keduanya gagal karena kondisi asap belerang yang semakin tebal. Teman korban kemudian melaporkan insiden tersebut ke koordinator lapangan.

Tiga puluh menit berselang, sekitar pukul 20.00 WIB pertolongan lain pun datang. Koordinator lapangan tambang belerang tiba di TKP dan korban pun langsung dievakuasi. Dengan luka bakar yang serius, korban digendong naik dari dapur kawah belerang menuju puncak Ijen.

Selanjutnya, korban segera dilarikan ke Pukesmas terdekat. Korban dibawa turun dari puncak Kawah Ijen dengan menaiki troli. Troli ini, adalah kendaraan yang biasanya digunakan para menambang mengangkut belerang.

"Selanjutnya korban dibawa ke Puskesmas Licin. Saat itu korban sudah dinyatakan meninggal dunia," cetus Kapolsek. (*)

Baca Juga: Hilang Sehari, Pendaki Kawah Ijen Ditemukan Selamat di Jurang 25 Meter

Agung Sedana Photo Community Writer Agung Sedana

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya