Gas 3 Kg Langka di Situbondo Sudah Sejak Dua Bulan Lalu

Katanya golongan tak pantas pakai subsidi juga beli gas ini

Situbondo, IDN Times – Selain Banyuwangi, di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, rupanya juga terjadi kelangkaan gas LPG 3 kilogram atau gas melon. Markini (57) salah satu warga Semambung, mengaku bahwa kelangkaan gas LPG 3 kg ini telah terjadi di daerahnya sejak dua bulan lalu.

Markini mengatakan demi membeli gas LPG 3 kg saja, Ia harus harus rela berdesak-desakan dan antre di pangkalan atau agen distributor. Hal tersebut terpaksa dilakukannya mengingat di kios-kios sudah tidak ada ketersediaan gas melon.

"Kosong di kios, sudah hampir 2 bulan ini," kata Markini kepada IDN Times, Jumat (28/7/2023).

1. Warga daerah lain juga antri

Gas 3 Kg Langka di Situbondo Sudah Sejak Dua Bulan LaluAntrean gas subsidi. (FOTO: IDN Times/ Agung Sedana)

Murijem (52) warga Kecamatan Asembagus, mengungkapkan hal serupa. Gegara kelangkaan gas melon, dia terpaksa harus membeli gas non subsidi 12 kg.

Ironisnya, Menurut Murijem kelangkaan terjadi akibat banyaknya penduduk dari daerah lain yang juga membeli gas subsidi di daerahnya. Dari informasi saudaranya, kelangkaan juga terjadi hampir merata di semua Kecamatan.

"Sebenarnya tidak sulit, cuma karena banyak orang (daerah lain) ke sini dari kelurahan lain," katanya.

Baca Juga: PT Pertamina Distribusikan Sejuta Tabung Gas Melon di Jawa Timur

2. Stok datang, satu jam ludes

Gas 3 Kg Langka di Situbondo Sudah Sejak Dua Bulan Lalu(IDN Times/Trio Hamdani)

Murijem mengaku, demi mendapatkan satu tabung gas melon Ia harus rela antre panjang. Setelah info kedatangan stok di pangkalan terdekat rumahnya, puluhan warga bahkan sudah berbaris rapi. Beruntung, karena kebijakan pembelian menggunakan KTP, Murijem bisa mendapatkan gas dalam satu pekan sekali.

Terkadang Ia bahkan harus antre pagi buta atau malam hari, demi gas melon. Jika tidak, Ia akan kehabisan pasokan gas melon. Mengingat antrean sangat banyak dan bisa langsung ludes kurang dari satu jam.

"Kurang lebih tiga mingguan itu waduh sulit, kita ini pukul setengah 4 kadang-kadang, sudah ada orang yang antri,” tuturnya. 

3. Pertamina pastikan seminggu kedepan akan normal

Gas 3 Kg Langka di Situbondo Sudah Sejak Dua Bulan LaluElpiji 3 kg (FOTO: Freepik)

Sementara itu, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan jika pihaknya masih terus berusaha menjaga pasokan gas LPG Subsidi 3 kg tetap aman di berbagai daerah.

Ia juga mengungkapkan jika pihak Pertamina sudah bekerjasama dengan pemerintah untuk memastikan penyaluran LPG 3 kg bisa dilakukan dengan cepat dan tepat sasaran.

"Salah satu upaya yang kami lakukan adalah dengan mengadakan operasi pasar. Kami bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk mengidentifikasi lokasi-lokasi yang memerlukan operasi pasar," ungkap Nicke.

Baca Juga: Gas Melon Langka, Banyak Warung di Banyuwangi Tutup Sementara

Agung Sedana Photo Community Writer Agung Sedana

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya