Comscore Tracker

Tol Trans Jawa, Menteri BUMN: Ini Mimpi Sejak 1996

Pemerintah akan berupaya merealisasikan tol Merak-Banyuwangi

Surabaya, IDN Times- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno, menyampaikan bahwa rencana pembangunan tol trans Jawa telah dicanangkan sejak 1996. Pernyataan tersebut ia sampaikan sebelum melepas rombongan ekspedisi tol trans Jawa dari Surabaya ke Jakarta.

 

Baca Juga: Menteri Rini Jajal Tol Trans Jawa, Surabaya-Jakarta Hanya 10 Jam

1. Program sudah dicanangkan lebih dari 20 tahun

Tol Trans Jawa, Menteri BUMN: Ini Mimpi Sejak 1996IDN Times/Vanny El Rahman

Pada sambutannya, mantan Menteri Perindustrian dan Perdagangan periode 2001-2004 itu menceritakan bahwa tol trans Jakarta adalah program pemerintah yang telah dicanangkan selama lebih dari 20 tahun.

“Kami (hari ini) akan melakukan ekspedisi trans Jawa. Itu adalah salah satu jalur tol yang sudah ditunggu-tunggu sejak 1996. Tol ini sudah lebih dari 20 tahun dinantikan,” kata Rini di Gerbang Tol Waru Gunung, Surabaya, Senin (12/11).

 

2. Rini berterima kasih kepada masyarakat yang rela membebaskan tanahnya

Tol Trans Jawa, Menteri BUMN: Ini Mimpi Sejak 1996IDN Times/Vanny El Rahman

 

Kemudian, Rini berterima kasih kepada masyarakat yang telah bekerja sama dengan pemerintah dalam mewujudkan mimpi tersebut.

“Komitmen masyarakat betul-betul percaya terhadap kami. Kami sampaikan terima kasih kepada masyarakat karena mereka telah semangat, mau membantu dengan lahannya dibeli oleh negara, sehingga tol trans Jawa bisa dibangun,” jelasnya.

 

3. Pemerintah canangkan tol Merak-Banyuwangi

Tol Trans Jawa, Menteri BUMN: Ini Mimpi Sejak 1996IDN Times/Vanny El Rahman

 

Saat ini, tol Jakarta-Surabaya sudah bisa beroperasi. Untuk tol Tangerang-Merak sedang memasuki tahap penyelesaian. Menurut Rini, Presiden Jokowi akan meresmikan tol tersebut pada Desember 2019 nanti.

“Memang kalau trans Jawa full diselesaikan itu dari Merak sampai Banyuwangi sekitar 1290 kilometer. Makanya kami semangat dari masyarakat,” tutup Rini.

Baca Juga: Jokowi Resmikan 2 Ruas Tol Trans Jawa

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya