Jokowi Apresiasi Kesiapan New Normal Pariwisata di Banyuwangi

Jokowi kunjungi villa Solong

Banyuwangi, IDN Times - Presiden Joko Widodo mengecek kesiapan tatanan baru atau new normal di sektor pariwisata di Kabupaten Banyuwangi. Jokowi tiba di Bandara Banyuwangi, Kamis (25/6).

Jokowi didampingi Menko Polhukam Mahfud MD, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menkes Terawan Agus Putranto, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama, Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Pangdam V/Brawijaya Mayjen Widodo Iryansyah, dan Kapolda Jatim Irjen Fadil Imran.

1. Tinjau Villa Solong

Jokowi Apresiasi Kesiapan New Normal Pariwisata di BanyuwangiJokowi saat mengunjungi Villa Solong Banyuwangi. IDN Times/Istimewa

Jokowi lalu meninjau Vila Solong yang menghadirkan rumah-rumah khas Suku Osing dengan lansekap indah berlatar Selat Bali. Di sana, Jokowi mendapat paparan tentang kesiapan new normal pariwisata. Jokowi juga melihat aksi Tari Gandrung dengan konsep tatanan baru. Presiden juga sempat melihat Hotel Dialoog yang memadukan modernitas dan lokalitas di bibir pantai tak jauh dari Vila Solong.

”Hari ini saya melihat persiapan Banyuwangi menyiapkan menuju tataanan baru pariwisata. Saya lihat di lapangan, Banyuwangi adalah daerah paling siap menyiapkan menuju prakondisi, menuju normal baru. Peran pemerintah daerah, peran masyarakat, saya lihat di sini partisipasinya bagus sekali,” ujarnya.

2. Apresiasi sektor pariwisata

Jokowi Apresiasi Kesiapan New Normal Pariwisata di BanyuwangiJokowi saat mengunjungi Villa Solong Banyuwangi. IDN Times/Istimewa

Jokowi juga mengapresiasi pengembangan pariwisata di Banyuwangi yang memberdayakan masyarakat.

”Saya lihat pariwisata di Banyuwangi melibatkan masyarakat. Hotel-hotel bintang 3 ke bawah, semua diberikan kepada rakyat (melalui pengembangan homestay). Yang bintang 4-5 diberikan kepada investor. Proses seperti ini patut dicontoh daerah lain,” ujarnya.

”Kita dukung penuh yang dilakukan Pak Bupati dan Gubernur menyiapkan prakondisi menuju tatanan normal baru. Hingga nantinya, pada saat timing yang tepat dibuka betul-betul penuh, masyarakat dan pelaku pariwsatanya betul-betul siap,” tambahnya.

Baca Juga: Jokowi Bertolak ke Jatim, Cek Posko COVID-19 Surabaya dan Banyuwangi

3. Persiapan new normal sejak awal Juni

Jokowi Apresiasi Kesiapan New Normal Pariwisata di BanyuwangiIlustrasi New Normal (IDN Times/Arief Rahmat)

Bupati Banyuwangi Azwar Anas mengatakan, persiapan new normal pariwisata Banyuwangi dilakukan sejak awal Juni. Banyuwangi melakukan sertifikasi tatanan baru dengan melibatkan ahli kesehatan. Destinasi, hotel, kafe, hingga warung rakyat yang lolos uji protokol kesehatan mendapat semacam ”sertifikat new normal”.

Banyuwangi juga melatih para pemandu wisata untuk memasuki tatanan baru dengan edukasi kesehatan. Para pemandu wisata yang lolos mendapat ”sertifikat new normal”.

”Ke depan, semua pelaku pariwisata Banyuwangi bukan lagi jualan keramahan, servis terbaik, dan harga kompetitif, tapi juga jualan gaya hidup sehat, paham dan jalankan protokol kesehatan A sampai Z. Kita ingin wisatawan dan pekerja wisata sama-sama happy dan nyaman, sesuai pesan Presiden Jokowi bahwa harus produktif dan aman dari Covid-19,” papar Anas.

”Dukungan Bapak Jokowi, Menteri Pariwisata Pak Whisnutama, dan Gubernur Bu Khofifah hari ini menjadi vitamin bagi pelaku pariwisata Banyuwangi untuk terus berbenah,” katanya.

Baca Juga: Jokowi Tinjau Pelayanan Publik di Pasar Tradisional Banyuwangi

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya