Comscore Tracker

So Sweet Banget, Ketua KPK Prioritaskan Kesembuhan Lukas Enembe

"Keselamatan jiwa itu adalah hukum tertinggi"

Surabaya, IDN Times - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri telah menemui tersangka KPK, Gubernur Papua, Lukas Enembe. Kondisi Lukas masih dalam perawatan. "Kita telah melakukan upaya hukum terhadap saudara tersangka LE Gubernur Papua. Dan kita masih mengikuti perkembangan selanjutnya," ujar Firli di Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMS), Rabu (30/11/2022). 

Firli menyebut, hingga saat ini kondisi Lukas masih dalam keadaan sakit. Sehingga ia memprioritaskan kesembuhan Lukas. 

"Prioritas utama penyembuhan yang bersangkutan. Apakah nanti akan kita bawa untuk berobat ke RSCM atau RSPAD," kata dia. 

Soal permintaan Lukas untuk berobat ke luar negeri, ia mengatakan harus mendapat rujukan dari dokter. Selain itu, harus ada tim KPK yang mendampingi Lukas selama berobat ke luar negeri.  

"Kalau masalah sakit lebih tepat dokter yang mengatakan," jelas Firli

Sebelumnya, KPK juga telah memeriksa Lukas Enembe di rumahnya selama 1,5 jam. Ketua KPK Firli Bahuri juga sempat berbincang ketua Lukas selama 15 menit. "Saya tanya umur, bagaimana kesehatannya, saya ajak ngobrol, bagaimana kondisi fisik beliau, semua dijelaskan," ujar Firli usai bertemu Lukas Enembe, Kamis (3/11/2022).

Selain itu, Firli juga sempat bertemu dengan keluarga dan rekan Lukas Enembe. Menurutnya, hal itu penuh kekeluargaan. "Di situ lah letak tertinggi bagaimana kita bisa menjaga hubungan antar-anak bangsa, bagaimana kita bisa menghormati bahwa keselamatan jiwa itu adalah hukum tertinggi," jelas Firli.

Diketahui, KPK telah menetapkan Lukas Enembe sebagai tersangka dugaan suap dan gratifikasi. Namun, Ketua DPD Partai Demokrat Papua itu belum ditahan. KPK juga belum merinci kasus dan pihak-pihak yang diduga terlibat. Perincian baru akan diungkap ketika upaya paksa penahanan dilakukan. Lukas Enembe juga telah dicegah ke luar negeri oleh Ditjen Imigrasi hingga 7 Maret 2023. Pencegahan ini dilakukan atas permintaan KPK.

Baca Juga: KPK Usut Penggunaan Jet Pribadi Gubernur Papua Lukas Enembe 

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya