Buruh Jatim Rekomendasi 6 Poin ke Khofifah, Disetujui 7

Khofifah potong tumpeng untuk buruh

Surabaya, IDN Times - Massa aksi buruh Jawa Timur membawa 6 poin rekomendasi yang diberikan kepada Gubernur Jawa Timur dalam peringatan Hari Buruh atau May Day, Senin (1/5/2023). Dari 6 poin itu, Gubernur menambahkan satu poin, sehingga ada 7 poin yang telah disetujui. 

Berdasarkan pantauan IDN Times, massa aksi buruh di Jawa Timur telah ditemui langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Bahkan, Khofifah menyediakan panggung serta menggelar potong tumpeng yang diberikan kepada perwakilan buruh. 

Perwalikan Buruh, Apin Sirait mengatakan, enam poin yang diserahkan kepada Gubernur itu ,yakni pertama, meminta kepada Gubernur segera mengeluarkan rekomendasi yang ditujukan kepada Presiden Republik Indonesia dan DPR RI untuk melakukan perubahan kepada ketentuan di UU Nomor 6 tahun 2023 tentang Cipta Kerja, khususnya tentang kesejahteraan buruh. 

"Kedua, meminta DPRD melanjutkan kembali proses pembentukan peraturan daerah terkait perda jaminan pesangon," ujar Apin. 

Ketiga, Gubernur akan mengkoordinasikan dengan Pemkab dan Pemkot untuk pembiayaan jaminan kesehatan bagi masyarakat miskin, terutama bagi buruh yang mengalami pemutusan hubungan kerja. Keempat, meminta kepada Gubernur untuk memerintahkan Kadisnaker Provinsi Jawa Timur melakukan penegakan hukum terhadap pengusaha yang tidak mengikutsertakan pekerjanya di BPJS Disnakertrans Provinsi Jatim. 

"Kelima, meminta Ibu Gubernur memerintahkan Kadisnakertrans menyelesaikan permasalahan hubungan industrial pekerjaan yang telah diketahui oleh publik di jawa timur," kata dia. 

Keenam, meminta gubernur memerintahkan Kadisnakertrans untuk mengevaluasi kinerja daripada pengawas ketenagakerjaan di jawa timur. Dan ketujuh meminta Gubernur segera mengeluarkan rekomendasi yang ditujukan kepada Presiden RI untuk tidak merevisi peraturan pemerintah nomor 109 tahun 2012 rencana pemerintah melalui menteri kesehatan tentang rokok dan hasil tembakau yang disamakan dengan narkoba. 

Sementara itu, Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mengatakan, telah menyetujui 7 poin dari enam poin rekomendasi yang telah dibawa oleh buruh. Ia meminta para buruh turut mengawal rekomendasi tersebut. 

"Perwakilan njenengan sudah merekomendasikan 6 item tapi yang kita setujui 7 item. Mari kita kawal bersama. Ingatkan saya jikalau ada yang telat pelaksanaannya," ujarnya saat naik ke atas panggung menemui buruh. 

Khofifah pun menuturkan, rekomendasi yang telah disetujui tersebut adalah bagian dari perlindungan terhadap buruh serta untuk mendukung kebangkitan ekonomi di Surabaya. 

"Ingatkan saya karena ini bagian dari buruh terlindungi dan ekonominya bangkit. Buruh dan pemerintah harus tersambung secara harmonis," pungkasnya. 

Baca Juga: Demo May Day di Surabaya Diwarnai Poster Capres dari Partai Buruh

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya