Comscore Tracker

Kunjungi Surabaya, Menkes Targetkan Vaksinasi Tahap 2 Tuntas Juni 2021

Baru 150 ribu orang yang divaksin

Surabaya, IDN Times - Menteri Kesehatan Budi ingin terus mengebut vaksinasi COVID-19 di Indonesia agar pandemik segera usai. Untuk tahap kedua kali ini, ia menargetkan vaksinasinya akan tuntas pada bulan Juni  2021.

1. Targetkan vaksinasi tahap 2 tuntas Juni 2021

Kunjungi Surabaya, Menkes Targetkan Vaksinasi Tahap 2 Tuntas Juni 2021Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin tiba di Gedung KPK untuk bertemu dengan pimpinan KPK di Jakarta, Kamis (11/2/2021) (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Budi mengatakan bahwa pada vaksinasi tahap kedua kali ini memang difokuskan pada pelayanan publik dan masyarakat lanjut usia (lansia). Ia menargetkan vaksinasi tahap kedua ini tuntas pada Juni 2021.

"Ada 38 juta yang ditargetkan menerima vaksin COVID-19 atau sebanyak 76 juta suntikan. Kami menargetkan akan tuntas pada akhir Juni 2021," ujar Budi saat meninjau proses vaksinasi di Hote Novotel Samator Surabaya, Sabtu (27/2/2021).

2. Baru 150 ribu orang yang divaksin pada tahap 2

Kunjungi Surabaya, Menkes Targetkan Vaksinasi Tahap 2 Tuntas Juni 2021Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi saat meninjau vaksinasi COVID-19 di Surabaya, Sabtu (27/2/2021). Dok istimewa

Budi menjabarkan bahwa dari 38 juta target vaksinasi tahap kedua, sebanyak 21 juta di antaranya adalah lansia. Sementara sisanya yaitu 16 juta lainnya adalah pelayan publik. Saat ini, baru ada 150 ribu target yang sudah divaskin dosis pertama.

"Targetnya akhir Juni, tapi masalahnya bukan targetnya kapan, tapi vaksinya yang terbatas, untuk itu harus dilakukan secara bertahap. Dalam pekan ini, baru 150 ribuan yang sudah divaksin," tuturnya.

Baca Juga: Tingkatkan 3T, Menkes Mau Puskesmas Bisa Lakukan Rapid Antigen

3. Minta Pemda lain contoh Pemprov Jatim

Kunjungi Surabaya, Menkes Targetkan Vaksinasi Tahap 2 Tuntas Juni 2021nasional.tempo.co

Pada kesempatan tersebut, sebagian peserta vaksinasi merupakan civitas akademika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Budi yang juga merupakan anggota Majelis Wali Amanat (MWA) ITS pun mengapresiasi langkah Pemprov Jatim dan Pemkot Surabaya yang telah melaksanakan vaksinasi dengan baik.

"Kita terima kasih kepada Ibu Khofifah Indar Parawansa dan Pak Arif dari Samator, sudah menyumbangkan modal sosial mereka, mengumpulkan senior-senior mereka di Surabaya untuk bisa divaksiniasi. Semoga bisa dicontoh teman-teman di daerah lain yang memiliki resources dan memiliki akses mengajak teman-teman lansia ini untuk segera divaksin," ungkapnya.

Baca Juga: Menkes: 4,7 Juta Dosis Vaksin COVID-19 Mulai Didistribusikan

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya