Comscore Tracker

Jokowi Mania Deklarasi ke Ganjar, Pro Jokowi Pilih Fokus Vaksinasi

Beda pendapat relawan Jokowi soal Pilpres

Surabaya, IDN Times - Bursa Calon Presiden Republik Indonesia terus bergejolak. Setelah relawan Joko "Jokowi" Widodo yaitu Jokowi Mania (Jo-Man) mendeklarasikan diri untuk mendukung Ganjar Pranowo sebagai Capres, relawan Jokowi lainnya yaitu Projo memilih untuk fokus membantu akselerasi vaksinasi di Indonesia.

1. Beda pendapat Jo-Man dan Projo soal dukungan capres 2024

Jokowi Mania Deklarasi ke Ganjar, Pro Jokowi Pilih Fokus VaksinasiGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Bendahara DPP Projo, Panel Barus menuturkan bahwa hingga saat ini dukungan Projo terhadap kandidat Capres tertentu masih berada di tahap diskusi internal. Pihaknya tidak ingin terburu-buru mengumumkan dukungan mereka dan memilih untuk menunggu instruksi dari Jokowi secara langsung.

"Kalau ada kelompok relawan yang declare, saya pikir itu tidak perlu diperdebatkan karena itu hak individu, kelompok, dalam sistem demokrasi. Boleh-boleh saja, jangan dilarang. Kalau kita gak bisa gitu karena dewan pembina kita di Kemenkumham adalah Pak Jokowi. Jadi kita akan tunggu arahan Pak Jokowi dulu," ujar Panel, Rabu (24/11/2021).

Meski belum ada pembahasan lebih lanjut, Panel menegaskan kekuatan Projo dalam kontestasi Pilpres nanti. Setelah berhasil mengantarkan kemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin, Panel optimistis Projo banyak diminati oleh para pasangan capres-cawapres lainnya.

"Kalau gak sama Projo ya gak menang," kelakar Panel.

2. Projo pilih bantu percepatan vaksinasi

Jokowi Mania Deklarasi ke Ganjar, Pro Jokowi Pilih Fokus Vaksinasiilustrasi vaksinasi (IDN Times/Herka Yanis).

Untuk saat ini, Panel memilih fokus mendampingi Jokowi hingga habis masa jabatannya. Salah satu caranya yaitu membantu percepatan vaksinasi di Indonesia. Vaksinasi massal ini sudah disiapkan sebanyak 12 ribu dosis untuk 12 daerah di Indonesia yang mulai didistribusikan pada Rabu (24/11/2021).

"Menurut kita masih terlalu pagi untuk bicara Pilpres. Kita tegas untuk berpikir keras membantu Pak Jokowi untuk mengendalikan pandemik ini agar segera selesai," tutur pria yang juga Ketua Satgas Nasional Gerakan Percepatan Vaksinasi Covid-19 DPP Projo. Mereka melakukan vaksinasi di 12 tempat di Jawa Timur. 

Baca Juga: Puan Maharani atau Ganjar Pranowo, Siapa Pilihan PDIP di Pilpres 2024?

3. Minta agar vaksinasi tidak mengendur

Jokowi Mania Deklarasi ke Ganjar, Pro Jokowi Pilih Fokus VaksinasiVaksinasi yang dilakukan Projo di Jatim. Dokumentasi Istimewa

Projo melalui jaringannya juga meminta agar vaksinasi COVID-19 di Indonesia tidak mengendur. Panel melihat, menurunnya penambahan kasus COVID-19 ini disusul dengan menurunnya semangat vaksinasi. Padahal, belum semua daerah sudah mencapai target vaksinasi dosis pertama sebesar 70 persen. Salah satunya yaitu Jatim yang masih berada di angka 68,79 persen.

"DPP Projo meliihat ada situasi mulai mengendur vaksinasi di periode akhir November dan menjelang Nataru. Ini tidak boleh terjadi. Vaksinasi harus terus digenjot karenan terbukti efektif sebagai salah satu cara dalam penanganan pandemik COVID-19," pungkasnya.

Baca Juga: Sahabat Ganjar Deklarasi Dukung Ganjar Pranowo Maju Pilpres 2024

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya