Comscore Tracker

Kunjungi Ponpes di Kediri, Kapolri Didoakan Para Kiai dan Masayikh

Tanpa wawancara langsung tinggalkan lokasi acara

Kediri, IDN Times - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan safari ke Pondok Pesantren Al-Falah, Ploso, Kabupaten Kediri. Selain bersilaturahmi dengan segenap kyai dan pengasuh di Pondok Pesantren tersebut, Listyo juga menyerahkan bantuan berupa sepeda motor dan sepeda angin untuk kebutuhan operasional pesantren. Namun, Listyo enggan menanggapi permintaan wawancara dengan jurnalin yang sudah menunggunya. Usai bersilaturahmi Listyo langsung meninggalkan lokasi acara.

1. Harap pesantren ikut menjaga situasi kondusif

Kunjungi Ponpes di Kediri, Kapolri Didoakan Para Kiai dan MasayikhKapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat berkunjung ke Ponpes Al Falah, Ploso, Kediri. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Pengasuh Ponpes Al Falah, Kh Muhammad Abdurrahman Al Kautsar mengatakan kunjungan ini bukan kali pertama dilakukan oleh Listyo. Menurutnya Polisi ingin menjaga hubungan baik dengan kalangan pesantren. Dalam percakapannya, Listyo meminta pondok pesantren untuk ikut menjaga situasi tetap kondusif, terutama memasuki tahun politik 2024. "Mulai dari menjaga keamanan dan situasi kondusif menjelang tahun politik 2024," ujarnya, Sabtu (06/08/2022).

Baca Juga: Kapolri Mutasi 25 Personel Polri yang Tangani Kasus Brigadir J

2. Waspadai polarisasi yang terjadi saat ini

Kunjungi Ponpes di Kediri, Kapolri Didoakan Para Kiai dan MasayikhKapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo serahkan bantuan ke Ponpes Al Falah, Ploso, Kediri. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Selain itu Listyo juga menyinggung adanya politik polarisasi yang saat ini banyak terjadi. Secara khusus Listyo berpesan agar pesantren mengantisipasi adanya polarisasi tersebut. Jangan sampai polarisasi yang terjadi berdampak hingga menimbulkan perpecahan antar kelompok.

"Sebenarnya tanpa diminta kami juga akan berusaha mengantisipasi hal tersebut, tadi beliau mengingatkan saja," tuturnya.

Baca Juga: Muazin Musala di Kediri Meninggal di Tengah Azan

3. Doakan penanganan kasus segera selesai

Kunjungi Ponpes di Kediri, Kapolri Didoakan Para Kiai dan MasayikhKapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat berkunjung ke Ponpes Al Falah, Ploso, Kediri. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Dalam silaturahmi ini, para masayikh pondok juga mendoakan Kapolri terkait kasus yang saat ini tengah terjadi di internal mereka. Saat ini Polri tengah menjadi sorotan masyarakat pasca kasus kematian Brigadir J. Sebanyak 25 perwira tinggi menjalani pemeriksaan dalam kasus tersebut. Menurut Gus Kautsar, mendoakan ini merupakan kewajiban bagi kalangan pesantren.

"Langkah yang diambil Kapolri juga sudah tepat dan kami mendukung selalu penyelesaian kasus ini," pungkasnya.

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya