Takziah, Khofifah Dapat Cuplikan Kisah Eril dari Ridwan Kamil

Selamat jalan Eril...

Surabaya, IDN Times - Jenazah anak sulung Gubernur Jawa Barat (Jabar), Emmeril Kahn Mumtadz yang akrab disapa Eril telah tiba di Bandung pukul 20.00 WIB, Minggu (12/6/2022). Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa turut menyambut kedatangan jenazah itu sekaligus takziah.

1. Eril disebut sering bersedekah tengah malam

Takziah, Khofifah Dapat Cuplikan Kisah Eril dari Ridwan KamilGubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat mendoaakan almarhum Eril di rumah duka kediaman Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Dok. Humas Pemprov Jatim.

Usai takziah, Khofifah mengakui kalau tidak mengenal langsung Eril. Tapi, dia mengenal Eril lewat ayahandanya, Ridwan Kamil, ibunya, Atalia Praratya orang-orang dekat serta pemberitaan di media. Semasa hidup, mendiang Eril acap kali berbuat kebaikan.

Misalnya ketika tengah malam, Eril sering berbagi sedekah kepada masyarakat yang kurang mampu. "Saya rasa kebaikan seperti ini sangat menginspirasi generasi muda untuk bisa diteladani," ujarnya tertulis.

Baca Juga: [BREAKING] Ridwan Kamil Jadi Imam Salat Jenazah Eril di Gedung Pakuan 

2. Mendapat kemuliaan ketika meninggal dunia

Takziah, Khofifah Dapat Cuplikan Kisah Eril dari Ridwan KamilGubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat takziah di kediaman Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Dok. Humas Pemprov Jatim.

Kebaikan-kebaikan itu, kata Khofifah, tampak ketika Eril yang sempat tenggelam selama dua pekan, kemudian ditemukan dalam keadaan utuh. Gubernur Ridwan Kamil menceritakan ke Khofifah kalau jenazah Eril harum serta kepalanya menoleh ke kanan ketika ditemukan.

"Jadi suasana menjadi sangat baik bagi beliau berdua dan saya rasa itu juga satu tanda yang sangat baik. Artinya banyak hal kebaikan yang dilakukan Ananda Eril tanpa diketahui banyak orang, dan Allah telah membalasnya dengan berbagai kemuliaan," dia mengungkapkan.

"Begitu banyak kebaikan yang dilakukan almarhum Eril tanpa sepengetahuan orangtuanya. Melalui almarhum Eril kita belajar untuk menanam kebaikan yang suatu saat juga akan berbuah kebaikan," kata dia.

3. Ikut Salat Jenazah dan beri doa terbaik

Takziah, Khofifah Dapat Cuplikan Kisah Eril dari Ridwan KamilGubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat mendoaakan almarhum Eril di rumah duka kediaman Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Dok. Humas Pemprov Jatim.

Setelah bercengkrama dan mendengar cerita kebaikan Eril semasa hidup, Khofifah bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan para pentakziah lainnya melaksanakan Salat Jenazah. "Itu doa dan hadiah terbaik untuk ananda Eril," tutupnya.

Jenazah Eril dijadwalkan akan dimakamkan di Islamic Center Baitul Ridwan Kp Geger Beas RT 01/05 Desa Cimaung, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, pada pukul 11.00 WIB, Senin, (13/6/2022).

Baca Juga: [BREAKING] Diiringi Hujan dan Salawat, Jenazah Eril Tiba di Gedung Pakuan Bandung

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya