Comscore Tracker

Perihal Dugaan Korupsi Dana Kemah 2017, Begini Jawaban Menpora

Waduh-waduh...!

Surabaya, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, meminta polisi untuk menyelidiki pelapor kasus dugaan penyimpangan anggaran kegiatan kemah dan apel Pemuda Islam Indonesia yang diselenggarakan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI tahun anggaran 2017. Hal itu disampaikannya usai menghadiri wisuda Universitas Sunan Giri Surabaya di Dyandra Convention Center, Minggu (25/11).

Baca Juga: Dalami Kasus Korupsi Kemah, Polisi Panggil Dahnil Anzar Hari Ini

1. Menpora heran dengan isu penyelewengan dana kemah san meminta Dahnil jangan saling tuduh

Perihal Dugaan Korupsi Dana Kemah 2017, Begini Jawaban MenporaIDN Times/Ardiansyah Fajar

Imam mengatakan bahwa pemeriksaan awal tidak ada catatan dari BPK soal dugaan penyelewengan dana kegiatan kemah dan Pemuda Islam Indonesia. Dia pun heran, menjelang Muktamar PP Muhammadiyah muncul isu penyelewengan. 

"Kemarin bertemu dengan saudara Dahnil (Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak) saya sampaikan tolong cari tahu siapa pelapornya. Jangan sampai kemudian menuduh atau membawa suatu yang tidak penting untuk dipublikasikan," ujarnya.

2. Menpora akui inisiator kegiatan dirinya

Perihal Dugaan Korupsi Dana Kemah 2017, Begini Jawaban MenporaIDN Times/Ardiansyah Fajar

Imam mengaku dia sendiri yang menjadi inisiato acara tersebut. Tujuannya, merawat ukhuwah antara Banser dan Kokam bertemu dalam satu forum yang luar biasa. "Menurut saya jangan ciderai niatan mulia mempertemukan kedua ormas Islam yang belum pernah terjadi, jangan mengecilkan makna ukhuwah. Karena dampaknya sangat besar. Yang penting cari pelapornya dulu motifnya apa," katanya.

Jika motif pelaporan itu karena persoalan internal, dia mempertanyakan kenapa masalah itu baru muncul sekarang. "Silahkan tanya ke Pak Dahnil, menjelang muktamar ada anggota Muhammadiyah ada yang didorong oleh anggota lain," lanjutnya.

3. Menpora merasa disudutkan oleh isu penyelewengan dana

Perihal Dugaan Korupsi Dana Kemah 2017, Begini Jawaban MenporaIDN Times/Ardiansyah Fajar

Saat ditanya, apakah ada dugaan penyelewengan dari kementerian, dia menjawab tidak ada. Dia mengaku terkejut dan melihat isu ini seakan-akan didorong untuk menyudutkan dirinya yang notabene Kader Nahdlatul Ulama (NU).

"Tidak sama sekali (penyelewengan) saya tidak tahu. Tapi Bang Dahnil menyampaikan ke saya bahwa ini mungkin atmosfer yang terjadi karena menjelang Muktamar Pemuda Muhammadiyah," kata Imam.

4. Padahal menurut Menpora semua pencairan dana sudah sesuai prosedur

Perihal Dugaan Korupsi Dana Kemah 2017, Begini Jawaban Menpora(Ketua Umum PP Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak) ANTARA FOTO/Reno Esnir

Mengenai proses pencairan, Imam menyatakan bahwa tidak ada permasalahan. Dia menyebut semua sudah sesuai, lantaran dana sudah diberikan kepada pemuda Muhammadiyah dan Gerakan Pemuda Anshor. "Semua sudah dipertanggungjawabkan," tegasnya.

Terkait pengembalian uang Rp2 miliar dari Dahnil, Imam menjawab belum tahu. Dia masih heran karena pelaksanaan kegiatan sudah berlangsung dan fasilitas dari pemerintah sudah diberikan 2017. "Itu urusan Biro Keuangan, nanti karena bantuannya sudah berlangsung," katanya.

5. Menpora meminta agar tidak merusak ukhuwah

Perihal Dugaan Korupsi Dana Kemah 2017, Begini Jawaban MenporaIDN Times / Helmi Shemi

Imam juga menanggapi soal permintaan PP Muhammadiyah agar dirinya diperiksa. Dia hanya menyampaikan agar Dahnil mencari tahu siapa pelpornya dan apa modusnya. "Karena jangan sampai merusak ukhuwah dan sejarah. Selagi masih memperkuat persaudaraan kita lakukan apapun hambatannya," pungkasnya.

Baca Juga: Polda Metro Jaya: Dahnil Anzar Sudah Kembalikan Dana Kemah Rp2 Miliar

Topic:

  • Edwin Fajerial

Just For You