Kepala Daerah PDIP di Jatim Dikumpulkan, Bukan Sekadar Istighosah

Katanya sih istighosah

Surabaya, IDN Times - Kepala daerah di Jawa Timur (Jatim) yang terdiri dari Bupati/Wali Kota diundang ke DPD PDIP Jawa Timur (Jatim) pada Kamis (26/1/2023). Sekretaris DPD PDIP Jatim, Sri Untari mengatakan undangan tersebut hanya untuk istighosah ulang tahun PDIP dan Megawati Soekarnoputri.

Informasi yang dihimpun IDN Times, kepala daerah yang rencananya hadir dalam undangan antara lain,  Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko, Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani.

Lebih lanjut, Plt. Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi, Bupati Sumenep Achmad Fauzi, Bupati Trenggalek Nur Arifin, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, Wakil Wali Kota Madiun Inda Raya, dan sejumlah kepala daerah lainnya. “Kehadiran para kepala daerah di Jatim sekaligus menunjukkan kolaborasi yang kukuh," kata Untari.

Selain para kader partai, termasuk kepala daerah, istigosah juga dihadiri warga terutama yang berada di sekitar kantor PDIP Jatim. “Partisipasi warga selalu ada dan terus meningkat dalam setiap kegiatan PDI Perjuangan. Ini tentu kehormatan bagi PDI Perjuangan, bahwa partai ini dan warga selalu bersama-sama menghadapi berbagai tantangan yang ada,” kata dia.

Sementara itu, peneliti senior Surabaya Survey Center (SSC) Surokim Abdussalam melihat, istighosah dengan mengundang kepala daerah ini sekaligus konsolidasi internal. Pengamat politik Universitas Trunojoyo Madura ini mencium adanya penguatan persiapan jelang Pemilu 2024.

"Menurut saya itu lebih condong untuk acara konsolidasi internal saja, menguatkan persiapan untuk 2024 khususnya Pemilu legislatif," katanya kepada IDN Times.

Terkait diusungnya para kepala daerah yang diundang, Surokim menyebut tidak ada jaminan. "Kalau urusan dimajukan lagi atau tidak, semua orang tahu di PDIP itu menganut prinsip komando tegak lurus dengan perintah dan hak prerogatif Ketim PDIP. Jadi menurut saya hanya penguatan dan konsolidasi saja khususnya menghadapi kondisi mutakhir yang dihadapi saat ini," ungkap dia.

Partai berlambang kepala banteng, kata Surokim, berambisi menang hatrick dalam Pemilu. Maka dari itu, cukup wajar jika PDIP kerap melakukan rentetan agenda bertajuk konsolidasi. Baik itu secara nasional, daerah hingga cabang. "Sejauh yang saya amati, PDIP bekerja keras untuk itu," pungkasnya.

Baca Juga: Megawati Sebut Pahlawan Perempuan di HUT PDIP, Kode Capres Perempuan?

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya