Comscore Tracker

Jokowi Soroti Pintu Terkunci di Tragedi Kanjuruhan

Masalah Kanjuruhan pintu terkunci dan tangga terlalu curam

Malang, IDN Times - Presiden Joko ' Jokowi' Widodo telah memeriksa langsung Stadion Kanjuruhan pasca peristiwa Sabtu, 1 Oktober 2022 malam lalu. Jokowi melihat beberapa titik yang menjadi lokasi jatuhnya banyak korban. Salah satunya, melihat masalah pintu yang terkunci di tribun selatan.

"Sebagai gambaran tadi saya melihat bahwa problemnya ada di pintu yang terkunci, tangga yang terlalu tajam, ditambah kepanikan yang terjadi," katanya Rabu (5/10/2022).

Jokowi menyebut bahwa itu hanya gambaran awal. Untuk lebih detail pengungkapan peristiwa di Stadion Kanjuruhan itu nantinya akan disimpulkan oleh Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF).

"Pastinya tim pencari fakta harus bisa mengurai peristiwa ini secara detail," imbuhnya.

Untuk itu, Jokowi meminta ada evaluasi besar-besaran untuk sepak bola Indonesia. Tidak hanya soal mekanisme keamanan dan kenyamanan suporter, tetapi juga hingga detail-detail terkecil. Agar peristiwa kelam yang terjadi di Stadion Kanjuruhan itu bisa dicegah.

"Saya kira memang perlu evaluasi total. Manajemen pertandingan, manajemen stadion, manajemen penonton, pengamanan hingga manajemen waktu harus dibenahi semuanya," tandasnya.

Baca Juga: Jokowi Perintahkan Menteri PUPR Audit Semua Stadion untuk Liga

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya