Comscore Tracker

7 Fakta Thomas Slebew, Nama Plesetan yang Banyak Dijadikan Meme

Pimpinan geng kriminal garang yang jadi meme lucu

Akhir-akhir ini, banyak meme bermunculan yang menggambarkan tokoh pria bule dengan menggunakan topi model flat cap dengan potongan rambut atau haircut yang khas. Meme tersebut menamakan tokoh pria itu sebagai Thomas Slebew.

Tapi, tahukan kalian kalau nama Thomas Slebew itu nama plesetan dari karakter seri drama krimimal?

1. Plesetan dari nama karakter Thomas Shelby, pemimpin geng kriminal Peaky Blinders

7 Fakta Thomas Slebew, Nama Plesetan yang Banyak Dijadikan MemeGeng kriminal dalam serial Peaky Blinders. (imdb.com)

Nama Thomas Slebew sebenarnya plesetan dari Thomas Shelby, sebuah karakter utama dalam seri drama kriminal terkenal dari Britania Raya berjudul Peaky Blinders. Judul Peaky Blinders diambil dari nama sebuah geng kriminal nyata di Birmingham. Geng ini terkenal dengan berbagai upaya perampasan tanah hingga perdagangan narkoba. Peaky Blinders juga terkenal sebagai geng yang kejam dan manipulatif sehingga banyak ditakuti.

Thomas Shelby yang diperankan oleh Cillian Murphy, dalam seri ini, berperan sebagai tokoh utama sekaligus pemimpin Peaky Blinders. Meski terkenal sebagai bos mafia, namun Thomas adalah mantan prajurit (veteran perang) berpangkat Sersan Mayor. Saat Perang Dunia I, ia bersama saudaranya Arthur Shelby, ditugaskan sebagai penggali ruang bawah tanah di Prancis.

2. Peaky Blinders adalah nama asli dari geng kriminal di Birmingham dalam kehidupan nyata

7 Fakta Thomas Slebew, Nama Plesetan yang Banyak Dijadikan MemeGeng Peaky Blinders di kehidupan nyata. (www.bosshunting.com.au)

Berdasarkan laporan BBC News, nama Peaky Blinders adalah nama asli geng kriminal di Birmingham dari tahun 1890-an hingga awal abad ke-20. Pada masa itu, Birmingham dikenal sebagai kota dengan banyak geng-geng kriminal serupa, dan Peaky Blinders sendiri adalah salah geng yang paling terkenal dan ditakuti.

Namun pakaian jas mewah yang dikenakan geng Peaky Blinders dalam seri ini dinilai bukan pakaian sebenarnya mengingat anggota Peaky Blinders yang asli kebanyakan adalah pekerja kelas bawah.

Peaky Blinders di kehidupan nyata juga bukanlah geng keluarga penjahat. Namun mereka merupakan komplotan yang besar karena terus beraliasi. Sehingga sebutan 'keluarga Peaky Blinders' yang sebenarnya mengacu pada geng kriminal karena asosiasi, bukan karena hubungan darah.

3. Thomas Shelby diduga merujuk pada Thomas Gilbert, ketua Peaky Blinders di kehidupan nyata

7 Fakta Thomas Slebew, Nama Plesetan yang Banyak Dijadikan MemeThomas Gilbert pemimpin Peaky Blinders di kehidupan nyata. (bosshunting.com.au)

Karakter Thomas Shelby kemungkinan besar merujuk pada tokoh asli Kevin Mooney alias Thomas Gilbert (karena sering berganti-ganti nama). Kevin Mooney sendiri tercatat sebagai adalah pemimpin de facto Peaky Blinders, yang otomatis sebagai penanggung jawab atas usaha penghasutan dan perampasan tanah besar-besaran yang dilakukan gengnya pada masa itu.

Kisah anggota Peaky Blinders di kehidupan nyata juga tak begitu sesansional seperti yang digambarkan pada serial.

4. Khas dengan haircut texturised crop dilengkapi topi model peaked cap

7 Fakta Thomas Slebew, Nama Plesetan yang Banyak Dijadikan MemeThomas Shelby dalam Peaky Blinders. (irishmirror.ie)

Memiliki latar cerita tahun 1919, penampilan para anggota Peaky Blinders ini tentu menarik perhatian terlebih sang tokoh utama, Thomas Shelby atau biasa dipanggil Tommy. 

Dalam series ini, Tommy identik dengan ciri khas haircut bermodel texturised crop. Potongan texturised crop adalah potongan rambut pendek di belakang dan sisi kepala, lalu dipadukan dengan potongan yang sedikit lebih panjang ke atas.

Tommy beserta anggota Shelby Family lainnya juga selalu menggunakan topi berjenis peaked cap, model topi datar dengan peak. Namun jenis peaked cap yang digunakan oleh anggota Peaky Blinders ini berjenis classic newsboy cap.

5. Kejam, berdarah dingin, tapi cerdik dan penuh strategi

7 Fakta Thomas Slebew, Nama Plesetan yang Banyak Dijadikan MemeThomas Shelby. (screenrant)

Sebagai pemimpin, Thomas adalah orang yang kejam dan berdarah dingin. Tak terhitung berapa orang mati di tangannya. Bahkan, ia tak segan memerintahkan saudaranya 'menyingkirkan' gurunya sendiri karena urusan bisnis. Ia juga tak segan untuk menghancurkan musuh maupun mereka yang menyerang keluarga Shelby.

Di sisi lain, kekejamannya dalam menyingkirkan musuh dilakukannya dengan strategi yang matang. Kesuksesannya mengelola bisnis dibawah Shelby Company tak lain karena karakter Thomas yang tenang namun di kepalanya dipenuhi taktik. Tak heran jika bisnis ilegal yang ia jalankan dari kota kecil Birmingham bisa sukses di London bahkan jadi komoditi ekspor meski harus menghalalkan berbagai cara.

6. Ambisius sekaligus penyanyang keluarga dan setia kepada pasangan

7 Fakta Thomas Slebew, Nama Plesetan yang Banyak Dijadikan MemeThomas Shelby dan Grace. (BBC)

Ambisius adalah sifat paling menonjol dari karakter Thomas Shelby. Ia selalu percaya diri dan tak segan mengambil risiko untuk mewujudkan keinginannya. Gaya kepemimpinannya ini tak jarang membuat Peaky Blinders harus berkali-kali terlibat perkelahian, pembunuhan hingga pembantaian demi persaingan bisnis.

Namun di sisi lain, Thomas Shelby adalah tipe laki-laki yang setia. Penonton tidak perlu meragukan betapa besar cintanya kepada Grace, sang pujaan hati yang akhirnya menjadi istrinya. Thomas juga bukan tipe orang yang suka gonta-ganti pasangan. Sebelum bersama Grace, ia bahkan tak menjalin hubungan dengan siapapun sepulangnya dari perang.

Begitu juga setelah sepeninggalan Grace, Thomas sempat terpuruk. Ia kemudian menggunakan nama mendiang sang istri untuk yayasan sosial yang dibangun Shelby Company.

Thomas Shelby juga merupakan laki-laki penyayang keluarga. Ia tak akan membiarkan musuhnya menyakiti anggota keluarganya, sampai-sampai ia tak ragu melakukan segala cara untuk membalas dendam.

Baca Juga: 12 Meme Orang Ngasih Pujian Ini Bikin Lawan Bicara Geer

7. Memiliki gaya kepimpinan yang patut dicontoh

7 Fakta Thomas Slebew, Nama Plesetan yang Banyak Dijadikan MemePeaky Blinders. (film-book.com)

Meski Peaky Blinders bercerita tentang geng kriminal yang mengelola banyak bisnis ilegal, namun gaya kepemimpinan Thomas Shelby dalam serial ini patut dijadikan contoh. Thomas adalah pemimpin yang berwawasan luas dan penuh strategi. Sehingga semua keputusan yang ia ambil berdasarkan pertimbangan matang dan hasil pemikiran yang panjang. Ia adalah pengambil keputusan yang cermat dan menjadi yang terdepan untuk bertanggung jawab atas semua yang menimpa pada geng Peaky Blinders.

Dan yang paling utama, dalam mengambil keputusan ia selalu berorieantasi pada Peaky Blinders, bukan untuk dirinya pribadi. Ini tergambar dalam sebuah scene Thomas sedang membagikan keuntungan bisnis Peaky Blinders secara merata dan adil sesuai dengan kinerja masing-masing. Meski ada yang menolak pemberian itu karena kebenciannya terhadap Thomas, namun Thomas memberikan 'segepok' uang itu karena menurutnya uang ini adalah hak atas pekerjaan yang dilakukan, terlepas dari rasa suka maupun tidak suka secara personal.

Baca Juga: 10 Meme Berisikan Momen Apes saat Main HP, Relate Abis Bestie!

Agustina Suminar Photo Community Writer Agustina Suminar

menulis dengan senang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya