Comscore Tracker

8 Sub-Unit K-Pop yang Paling Ditunggu Comebacknya

Idol K-Pop bisa tampil beda dalam konsep sub-unit

Jika kamu belum pernah mendengar "sub-unit", sub-unit adalah sebuah adalah konsep adanya grub kecil dalam sebuah grup idol Korea Selatan. Baik itu duo, trio, maupun lebih.

Dengan adanya sub unit, para idol memiliki kesempatan lebih untuk bisa keluar dari zona nyaman mereka saat aktivitas grup. Mereka juga bisa tetap melakulan promosi tanpa harus dalam formal full member. Bahkan beberapa dari sub-unit ini sukses menarik perhatian publik dengan genre lagu dan konsep yang berbeda.

Berikut 8 sub-unit K-Pop yang paling ditunggu comebacknya!

1. Irene & Seulgi - Red Velvet

https://www.youtube.com/embed/Ujb-gvqsoi0

Dua member tertua Red Velvet ini menggemparkan para penggemar saat bergabung dalam sub-unit dan debut sebagai duo dengan lagu "Monster". Koreografinya memikat serta lagunya yang sedikit spooky twist. Irene dan Seulgi adalah perpaduan yang sempurna.

Baca Juga: 9 Idol Kpop Jadi Global Ambassador Merek Dunia, Check di Sini!

2. BSS (BooSeokSoon) - SEVENTEEN

https://www.youtube.com/embed/h-LIrDa0VeA

Sub unit ini terdiri dari Seungkwan, DK, dan Hoshi SEVENTEEN. Tidak hanya sebagai musisi luar biasa, tapi ketiganya juga dikenal jenius sekaligus lucu. Sejauh ini, mereka hanya merilis satu lagu berjudul "Just Do It". Pastinya penggemar membutuhkan lebih banyak lagu lagi dari sub-unit SEVENTEEN ini.

3. THE BLACK - WJSN

https://www.youtube.com/embed/p_C_ZmSWpzc

Sub-unit kedua WJSN, THE BLACK, terdiri dari empat member WJSN yakni  SeolA, Bona, EXY and Eunseo. Lagu pertama mereka "Easy" memiliki ketukan yang enak sejak awal lagu. Penggemar sudah pasti juga menantikan lagu mereka lainnya.

4. CBX - EXO

https://www.youtube.com/embed/6T8Iy2lktgo

EXO-CBX adalah sub-unit EXO yang pertama dan pertama kali merilis lagu pada 2016 lalu. CBX terdiri dari Chen, Baekyun dan Xiumin. Ketiganya adalah penyanyi utama dalam grup sehingga tak heran jika lagu-lagu mereka sangat easy listening.

5. Oh! - Girl's Generation

https://www.youtube.com/embed/SdzLl-XpJt0

Meskipun sudah beberapa tahun sejak rilis terakhir , sub-unit "Oh!" yang terdiri dari lima member Girl's Generation ini masih ditunggu comebacknya. Pasalnya, sub-unit ini telah membawa para penggemar bernostalgia ke tahun 2000-an dengan gaya mereka. Sub-unit ini terdiri dari Taeyeon, Sunny, Hyoyeon, Yuri, dan Yoona.

6. 3RACHA - Stray Kids

https://www.youtube.com/embed/KW-jSV1P8WQ

Terdiri dari tiga member utama Stray Kids, sub-unit 3RACHA fokus menyajikan lagu-lagu rap khas hip hop ala Stray Kids. Sebelumnya, ketiganya telah sering bersama sebelum debut. 3RACHA terdiri dari Bang Chan, Changbin dan Han.

7. BANHANA - OH MY GIRL

https://www.youtube.com/embed/rW9r_1ys2ec

BANHANA terdiri dari Arin, Yubin dan Hyojung OH MY GIRL yang memiliki suara imut layaknya permen karet yang manis tapi juga menyenangkan. Apalagi konsep ini makin sulit ditemukan di girlgrup K-Pop akhir-akhir ini. Itu membuat BANHANA sangat ditunggu-tunggu para penggemar.

8. JJ Project - GOT7

https://www.youtube.com/embed/ktdqlQ1zhg4

Sub-unit pertama GOT7, JJ Project adalah duo yang terdiri dari JB dan Jinyoung GOT7. Sebelum debut, keduanya pernah bekerja sama. Jadi masuk akal jika keduanya tergabung dalam sub-unit dengan lagu utama “Tomorrow, Today”. Salah satu anggotanya, Jinyoung yang saat ini mulai meniti karir di dunia akting serta jadwal grub GOT7 yang mulai padat pasca hengkang dari JYP Entertainment, membuat para penggemar rindu dengan comeback sub-unit ini.

Tentunya masih masih banyak lagi sub-unit yang pernah debut namun tidak semuanya aktif melakukan promosi sub-unit. Bisa jadi karena jadwal yang padat dan bertabrakan dengan jadwal promosi full member, maupun kegiatan lainnya. Kamu sendiri menunggu comeback sub-unit yang mana?

Baca Juga: 10 Idol KPop Cewek dengan Julukan Ice Princess, Dingin dan Misterius 

Agustina Suminar Photo Community Writer Agustina Suminar

menulis dengan senang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya