Comscore Tracker

Harga Daging Sapi di Banyuwangi Naik Jadi Rp140 Ribu Per Kg

60 persen daging sapi disuplai dari Bali

Banyuwangi, IDN Times - Kurang dari sepekan datangnya Lebaran Idul Fitri 2022, harga daging sapi di Kabupaten Banyuwangi mengalami peningkatan signifikan. Harganya naik dari Rp110.000 menjadi Rp130.000 hingga Rp140.000 per kilogram.

Dinas Pertanian dan Pangan Banyuwangi menyebut, harga daging sapi di sejumlah pasar tradisional memang mengalami peningkatan karena tingginya permintaan dari masyarakat.

"Hasil sidak di sejumlah pasar, naiknya harga karena permintaan pasar yang tinggi. Rutin jelang Lebaran. Untuk daging ayam masih normal, Rp 30.000 per kilogram," ujar Plt Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Banyuwangi, M. Khoiri, Kamis (28/4/2022).

1. Pasok kebutuhan sapi dari Bali

Harga Daging Sapi di Banyuwangi Naik Jadi Rp140 Ribu Per KgHarga daging sapi melonjak naik. Dok Pemkab Banyuwangi

Dinas Pertanian merilis, menjelang Lebaran Idul Fitri saat ini, permintaan daging sapi di Banyuwangi mengalami peningkatan hingga 41 ton per hari. Dari jumlah ini, pasokan daging yang tersedia mencapai 42 ton. Para pedagang sengaja mendatangkan sapi Bali, untuk memenuhi stok daging di Banyuwangi. 

“Jadi, pasokan daging masih aman. Bahkan pemotong hewan mendatangkan ternak dari Bali, hampir 60 persen,” jelasnya. 

2. Banyak warga yang beli daging sapi untuk acara selamatan

Harga Daging Sapi di Banyuwangi Naik Jadi Rp140 Ribu Per KgHarga daging sapi melonjak naik. Dok Pemkab Banyuwangi

Masruroh, salah satu warga Muncar Banyuwangi mengaku tidak kaget dengan kenaikan harga kebutuhan pokok, khususnya daging saat jelang Lebaran Idul Fitri. Sebab, memang banyak kebutuhan daging untuk menyambut lebaran, mulai dari selamatan khataman Al-Qur'an selama tadarus di Masjid, selamatan malam ganjil sambut Lailatul Qadar hingga Takbiran Idul Fitiri.

"Kebutuhan daging saat mau lebaran memang banyak. Banyak acara selamatan, dan saat Idul Fitri kan maunya juga makan enak. Wujud syukur sudah selesai berpuasa satu bulan penuh," ujarnya.

Baca Juga: Emak-emak Sambat Harga Daging Sapi Naik, Ternyata Ini Sebabnya

3. Tidak ditemukan daging gelonggongan

Harga Daging Sapi di Banyuwangi Naik Jadi Rp140 Ribu Per KgHarga daging sapi melonjak naik. Dok Pemkab Banyuwangi

Lebih lanjut Khoiri mengatakan, dari hasil sidak di sejumlah pasar dan rumah pemotongan hewan merata di tiap kecamatan Banyuwangi, tidak ditemukan daging jelek. Untuk daging ayam potong juga tidak ditemukan campuran bahan kimia pengawet di dalam daging.

"Tidak kami temukan daging campuran dan daging gelonggong. Seluruhnya dipastikan layak konsumsi," ujarnya.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Harga Daging Sapi di Depok Merangkak Naik

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya