Comscore Tracker

Bandara Juanda Dibuka, Pendaftar Umrah Jatim Meningkat 2 Kali Lipat

Syarat umrah dipermudah

Surabaya, IDN Times - Jumlah jemaah umrah dari Jawa Timur (Jatim) terpantau mengalami peningkatan. Hal tersebut terjadi setelah pemerintah membuka pintu penerbantan internasional, Bandara Juanda di Sidoarjo. Syarat-syarat untuk umrah juga dipermudah.

1. Pendaftar umrah bertambah dua kali lipat

Bandara Juanda Dibuka, Pendaftar Umrah Jatim Meningkat 2 Kali LipatMaskapai Garuda Indonesia telah membuka kembali layanan penerbangan umrah. (dok. Garuda Indonesia)

Ketua Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji Umrah Republik Indonesia (Amphuri) Jatim, M. Sufyan Arif mengatakan, jumlah jemaah ditaksir bertambah dua kali lipat di bulan April. Saat ini, sebanyak 3.000 hingga 4.000 warga Jatim masuk daftar tunggu ibadah umrah di Bulan Maret 2022.

"Bulan April karena Bulan Ramadaan, naik hingga 7.000 untuk yang daftar umrah. Angka ini bahkan meningkat 2 kali lipat dibanding maret, karena Ramadhan," kata dia tertulis, Senin (14/3/2022).

Baca Juga: Jemaah Umrah dari Juanda Terbang ke Arab Hari Ini

2. Peningkatan jemaah karena Juanda telah dibuka

Bandara Juanda Dibuka, Pendaftar Umrah Jatim Meningkat 2 Kali LipatDok Pengelola Bandara Juanda

Lebih lanjut, diakui oleh Sufyan memang antusias menjalankan ibadah umrah di kawasan Jatim hingga Nusa Tenggara memang tinggi. Bahkan, Jatim dikenal sebagai penyumbang jemaah umrah maupun haji terbanyak secara nasional.

"Animo masyarakat lebih besar apalagi dibuka dari sini (Bandara Juanda). Jadi lebih dekat, nggak perlu jauh-jauh ke (Bandara) Soetta," kata Sufyan.

3. Berharap ada penambahan kapasitas dari maskapai penerbangan

Bandara Juanda Dibuka, Pendaftar Umrah Jatim Meningkat 2 Kali LipatIlustrasi pesawat (Pesawat) (IDN Times/Arief Rahmat)

Sebelumnya, Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa berharap dua maskapai yang akan membawa para jemaah umrah dari Bandara Juanda, Lion Air dan Garuda Indonesia menambah kapasitasnya. Dia juga memprediksi kalau peningkatan jemaah akan terjadi memasuki Bulan Ramadan.

"Kami sangat berharap jika ada penambahan jumlah jadwal penerbangan umrah dari maskapai yang tersedia. Baik ke Jeddah maupun Madinah. Karena peluang ibadah ini sangat diminati masyarakat apalagi menjelang Ramadan," ucap Khofifah mengharapkan.

Berdasarkan data dari Lion Air di Bulan April, maskapai ini akan melakukan dua kali penerbangan dalam satu minggu. Sehingga dalam satu bulan akan ada delapan kali keberangkatan jemaah. Untuk Garuda Indonesia sendiri di Bulan April akan melangsungkan tiga kali penerbangan umrah dalam satu bulan.

Baca Juga: Menko Marves Patikan Umrah Sudah Bisa Lewat Jatim 

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya