Menakar Peluang Teguh Amiruddin Jadi Kiper Utama Arema FC

Teguh Amiruddin adalah produk asli akademi Arema 

Arema FC dikenal sebagai klub yang memiliki sederet kiper berkualitas. Salah satunya adalah Kurnia Meiga yang paling mudah dikenang. Dalam dua musim terakhir, mereka kembali mempunyai kiper asing yang impresif bernama Adilson Maringa.

Namun, kebersamaan Arema dengan kiper asal Brasil tersebut harus berakhir pada 2023. Sang kiper memutuskan pindah klub. Meski begitu, Arema tidak terlalu khawatir dengan kepergian Maringa setelah memiki sederet kiper lokal yang cukup mumpuni. Salah satunya Teguh Amiruddin.

Lantas, bagaimana peluang Teguh Amiruddin untuk menjadi kiper utama Arema FC musim depan? Apakah terbuka lebar?

1. Arema FC resmi melepas kiper asingnya pada 2023

Menakar Peluang Teguh Amiruddin Jadi Kiper Utama Arema FCAdilson Maringa (instagram.com/aremafcofficial)

Arema FC resmi melepas kiper andalannya asal Brasil pada 2023. Ia adalah Adilson Maringa, kiper berusia 32 tahun yang sudah memperkuat Arema sejak 2021.

Arema sendiri melepas kiper asingnya itu ke Bali United pada bursa transfer pemain. Mereka memang diperkirakan tak menggunakan jasa Maringa lagi usai tampil menurun sepanjang 2022/2023.

Selain itu, Arema akan menggunakan slot pemain asing yang ditinggalkan Maringa dengan peran pemain asing di posisi lain. Hal ini terjadi karena performa Arema hanya menonjol di sektor pertahanan pada 2022/2023.

2. Arema FC lebih percaya kepada kualitas kiper lokal

Menakar Peluang Teguh Amiruddin Jadi Kiper Utama Arema FCTeguh Amiruddin (instagram.com/aremafcofficial)

Arema sepertinya akan menggunakan jasa kiper lokal untuk menyongsong kompetisi musim 2023/2024. Anggapan itu makin kuat usai mereka merelakan kepergian Adilson Maringa. 

Ini menjadi kesempatan bagi beberapa kiper lokal yang dimiliki Arema sejauh ini. Mereka adalah Teguh Amiruddin, Andriya Francisco, dan Galih Firmansyah.

Namun, Teguh Amiruddin jadi nama yang berpotensi besar untuk menggapai peluang itu. Hal ini terjadi karena ia punya banyak pengalaman di level tertinggi kompetisi sepak bola Indonesia.

3. Teguh Amiruddin adalah kiper asli Malang yang berpengalaman

Menakar Peluang Teguh Amiruddin Jadi Kiper Utama Arema FCTeguh Amiruddin (bola.com)

Teguh Amiruddin adalah seorang kiper yang berpengalaman asli kelahiran Malang. Kiper kelahiran 13 Agustus 1993 (29 tahun) ini memilki sederet pengalaman di sepak bola Indonesia.

Dalam kariernya, Teguh Amiruddin pernah masuk ke dalam skuad Timnas Indonesia U-23 dan senior. Hanya saja, ia belum pernah melakoni debutnya di sana. Teguh hanya berperan sebagai pengganti.

Selain itu, Teguh Amiruddin juga memilki pengalaman di level klub. Ia tercetat pernah lalu-lalang membela sejumlah klub, seperti Arema Cronus, Persekam Metro FC, Perseru Serui, Barito Putera, dan PS TNI.

Baca Juga: Arema FC Galau, Rekrut Pemain Asal Asia Tenggara

4. Waktu tepat bagi Teguh Amiruddin untuk unjuk kapasitas

Menakar Peluang Teguh Amiruddin Jadi Kiper Utama Arema FCTeguh Amiruddin (instagram.com/amiruddinteguh)

Saat ini adalah momen yang tepat bagi Teguh Amiruddin untuk membuktikan diri kepada klub asli tanah kelahirannya sendiri. Ia pantas menjadi kiper utama Arema FC di kompetisi musim 2023/2024 mendatang.

Hal tersebut mungkin saja terjadi lantaran Teguh Amiruddin jadi kiper kedua Arema saat mengarungi kompetisi 2022/2023. Ia kala itu kerap menjadi starter saat kiper utama Arema, Adilson Maringa, tengah bermain buruk atau berhalangan tampil.

4. Grafik Teguh Amiruddin meningkat selama membela Arema FC

Menakar Peluang Teguh Amiruddin Jadi Kiper Utama Arema FCTeguh Amiruddin (instagram.com/amiruddinteguh)

Teguh Amiruddin memiliki catatan lain mengapa pantas dilabeli sebagai calon kiper utama Arema FC musim 2023/2024. Ia mengantongi grafik penampilan yang terus menanjak selama memperkuat Arema.

Teguh Amiruddin sudah memperkuat Arema selama 3 musim sejak 2020. Bersama Arema, catatan terbaiknya sendiri terjadi pada 2022/2023. Teguh membukukan 3 clean sheet dalam 9 penampilan (667 menit tampil) di Liga 1 Indonesia.

 

Walau Teguh Amiruddin jadi kandidat terkuat, Arema FC sepertinya masih tak terlalu gegabah untuk mengambil keputusan. Hal ini tampak setelah mereka sedang membidik kiper anyar untuk musim depan. Dilansir beberapa media lokal, Arema dikabarkan tengah mengincar kiper baru asal Benua Asia.

Baca Juga: Arema FC Gak Lolos AFC Club Licensing, Kok Bisa?

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya