Profil Song Ui-young, Pemain Baru Persebaya Surabaya dari Singapura

Katanya mirip Denny Sumargo

Persebaya Surabaya kembali memperkenalkan penggawa asing baru pada 2023. Ia adalah Song Ui-young, pemain blasteran Korea Selatan dan Singapura yang piawai bermain di posisi gelandang tengah.

Song Ui-young sendiri akan mengisi slot pemain Asean ke dua Persebaya untuk musim 2023/2024 mendatang. Posisinya sama dengan pemain asal Jepang Bajol Ijo, Sho Yamamoto. Langsung saja intip sepak terjang Song Ui-young, yuk!

1. Ulung bermain di pos gelandang

Profil Song Ui-young, Pemain Baru Persebaya Surabaya dari SingapuraSong Ui-young (instagram.com/song_uiyoung)

Song Ui-young dikenal sebagai pemain yang andal mengisi posisi di lini tengah lapangan. Pemain kelahiran 8 November 1993 (29 tahun) ini bisa bermain sebagai gelandang tengah, serang, dan sayap kanan.

Namun, Song Ui-young lebih menyukai peran playmaker sebagai posisi favoritnya. Diperkirakan, kehadirannya akan digunakan sebagai tandem terbaik Ze Valente di lini tengah Persebaya pada musim 2023/2024.

2. Aktif membela Timnas Singapura lewat jalur naturalisasi

Profil Song Ui-young, Pemain Baru Persebaya Surabaya dari SingapuraSong Ui-young (instagram.com/song_uiyoung)

Dalam karier internasional, Song Ui-young rupanya memilih jalur naturalisasi. Pemain yang aslinya berasal dari Korea Selatan itu memutuskan untuk memperkuat Timnas Singapura saat ini.

Song Ui-young sendiri debut bersama Timnas Singapura pada usianya yang ke-28 tahun, sejak 11 November 2021. Tercatat, ia telah membukukan 16 caps dengan 3 gol bersama Singapura di semua ajang internasional.

3. Pernah juara di Liga Primer Singapura

Profil Song Ui-young, Pemain Baru Persebaya Surabaya dari SingapuraSong Ui-young (instagram.com/song_uiyoung)

Di level klub, Song Ui-young juga pernah mendulang prestasi di kompetisi domestik Singapura. Bukan kaleng-kaleng, pemain dengan tinggi badan 171 cm ini merengkuh tiga gelar juara di kompetisi kasta tertinggi Singapura.

Song Ui-young sendiri menggapai prestasi tersebut bersama dua klub yang berbeda. Pertama, ia menyabet trofi Piala Singapura bersama Home United pada 2012/2013. Lalu, meraih trofi Liga Singapura (2020/2021) dan Piala Super Singapura (2021/2022) bersama Lion City Sailors.

Baca Juga: Menerka Kiprah Paulo Victor di Persebaya, Pengganti David Silva?

4. Sempat merumput di liga divisi tertinggi Thailand pada 2022/2023

Profil Song Ui-young, Pemain Baru Persebaya Surabaya dari SingapuraSong Ui-young (instagram.com/song_uiyoung)

Song Ui-young juga pernah merumput di kompetisi bergengsi negara Asia Tenggara lainnya. Ia sempat berkiprah di kompetisi kasta teratas Liga Thailand pada musim 2022/2023.

Ketika itu, Song Ui-young tengah memperkuat Nongbua Pitchaya FC. Namun, sayangnya sepak terjang dirinya tak menonjol di sana. Ia hanya jadi pilihan kedua dengan catatan 1 gol dari 8 penampilan (565 menit tampil).

5. Pengalaman baru berkarier di Indonesia

Profil Song Ui-young, Pemain Baru Persebaya Surabaya dari SingapuraSong Ui-young (instagram.com/persebayastore)

Meski tidak berada dalam performa terbaik, namun Persebaya Surabaya tetap menaruh rasa ketertarikan tersendiri kepada Song Ui-young. Alhasil, Bajol Ijo pun sukses memboyongnya pada, Sabtu (3/6/2023).

Persebaya lebih dahulu memperkenalkan Song Ui-young kepada publik melalui akun instagram resmi klub. Keputusan sang pemain itu sendiri sekaligus menjadi pengalaman pertama untuk berkarier di Indonesia.

Persebaya Surabaya telah mengantongi lima pemain asing sejauh ini, di antaranya Sho Yamamoto, Paulo Victor, Ze Valente, Bruno Moreira, dan Song Ui-young. Dengan begitu, Bajol Ijo masih memiliki 1 slot sisa menyusul aturan baru setiap klub boleh memiliki 6 pemain asing untuk musim 2023/2024.

Baca Juga: 5 Calon Bomber Haus Gol Persebaya pada 2023/2034, Ngeri Rek!

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya