Profil Flavio Silva, Winger Anyar Persik Kediri dari Portugal

Mantan pilar Timnas Portugal U-19

Persik Kediri berhasil mendapatkan pemain asing baru di paruh musim Liga 1 Indonesia 2023/2023. Pemain itu adalah Flavio Silva, seorang winger berkebangsaan Portugal yang dikenal andal dalam hal kecepatan dan kelincahan saat bermain sepakbola.

Persik sendiri merekrut pemain berusia 26 tahun itu secara gratis setelah cukup lama sempat menganggur. Terakhir, Flavio Silva diketahui membela klub di ajang tertinggi Liga Luxemburg, FC Mondercange. Ia sayangnya gagal bersaing di sana usai diputus kontrak sebelum musim berakhir.

Simak profil menarik Flavio Silva yang berhasil digaet Persik di paruh musim Liga 1 2022/2023 lewat ulasan berikut ini.

1. Flavio Silva lulusan akademi Sporting Lisbon

Profil Flavio Silva, Winger Anyar Persik Kediri dari PortugalFlavio Silva saat masih menimba ilmu sepak bola bersama Sporting Lisbon. (instagram.com/flaviosilvaa_9)

Tak disangka, Flavio Silva merupakan seorang pemain lulusan dari salah satu akademi klub besar asal Portugal, Sporting Lisbon. Dirinya mulai menimba ilmu sepak bola dengan bergabung  bersama Sporting Lisbon U-17 terlebih dahulu.

Tepat pada musim 2013/2014, perjuangan Flavio Silva tampak berhasil setelah naik pangkat membela Sporting Lisbon U-19. Meski begitu, ia lebih memilih bergabung dengan klub peserta Liga Portugal 2, SC Uniao Torreense, pada musim berikutnya. Dari situ perjalanan karier sepak bola profesionalnya dimulai.

Baca Juga: Persik Datangkan Mantan Pemain Timnas Portugal U-19

2. Pernah memperkuat Benfica B

Profil Flavio Silva, Winger Anyar Persik Kediri dari PortugalFlavio Silva saat masih memperkuat Benfica B di ajang sepak bola Liga Portugal. (instagram.com/flaviosilvaa_9)

Selain pernah menimba ilmu di klub junior Sporting Lisbon, Flavio Silva juga sempat membela Benfica B. Dirinya menjadi salah satu kekuatan klub kasta kedua klub ternama di Portugal itu tepatnya pada musim 2014/2015.

Selama 1 musim berkarier, Benfica B terlihat memutuskan untuk meminjamkan Flavio Silva ke SC Covilha pada 2015/2016. Sang pemain dipinjam selama setengah musim saja dan kembali membela Benfica B pada 6 Januari 2016.

3. Eks penggawa Timnas Portugal U-19

Profil Flavio Silva, Winger Anyar Persik Kediri dari PortugalFlavio Silva sebagai pemain asing baru Persik Kediri di paruh musim Liga 1 2022/2023. (instagram.com/persikfcofficial)

Flavio Silva hebatnya juga pernah menjadi bagian penting dari tim muda Portugal. Ia diketahui pernah memperkuat Tim Nasional Portugal U-16 pada tahun 2012 serta membela Timnas Portugal U-19 pada tahun 2015.

Flavio Silva telah mencatatkan rekor bermain sebanyak tiga laga saat membela Portugal U-16. Di sisi lain, kariernya bersama Portugal U-19 jadi yang terbaik usai mencetak 2 gol dalam 3 pertandingan internasional terakhir. Sayangnya, ia masih belum dipanggil negaranya lagi hingga saat ini.

4. Tampil gemilang di Liga Portugal 2

Profil Flavio Silva, Winger Anyar Persik Kediri dari PortugalFlavio Silva sebagai pemain asing baru Persik Kediri di putaran kedua Liga 1 Indonesia 2022/2023 saat mengenakan jersey klub lamanya. (instagram.com/flaviosilvaa_9)

Karier terbaik Flavio Silva terjadi saat menjajaki ajang kasta kedua sepak bola Portugal, Liga Portugal 2. Dirinya di sana telah malang melintang dengan membela beberapa klub, di antaranya Uniao Torreense, Benfica B, Covilha, hingga CD Mafra.

Di liga Portugal 2, Flavio Silva telah mencatatkan rekor 13 gol dan 8 assist dalam 87 pertandingan terakhir. Ia menjadikan CD Mafra sebagai klub terbaiknya usai mencetak 9 gol dan 3 assist dalam 55 laga yang telah dilakoninya selama ini.

5. Pertama kali berkarier di Benua Asia

Profil Flavio Silva, Winger Anyar Persik Kediri dari PortugalFlavio Silva sebagai pemain asing baru Persik Kediri di paruh musim Liga 1 2022/2023. (instagram.com/persikfcofficial)

Persik Kediri pastinya menjadi panggung pertama Flavio Silva saat mencicipi kompetisi sepak bola di Benua Asia. Selama ini, ia hanya pernah bermain di dua ajang berbeda di luar ajang domestik Liga Portugal 2.

Flavio Silva diketahui sempat mencoba sengitnya atmosfer kompetisi sepak bola kasta kedua Amerika Serikat (USL Championship) dan liga teratas Luxemburg (Liga BGL). Pastinya, kesempatannya berkarier bersama Persik di Liga 1 Indonesia 2022/2023 bakal jadi modal yang sangat berharga nantinya.

Keputusan Persik Kediri mendatangkan Flavio Silva di paruh musim Liga 1 2022/2023 tak lain tentu guna menggantikan peran Joanderson Defesus. Hal ini terjadi karena Defesus sendiri resmi diputus kontrak usai menampilkan performa yang tidak optimal.

Baca Juga: Laga Kandang Perdana Putaran Kedua Persik Kediri Resmi Ditunda

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya