Dibekuk Borneo, Madura United Gagal Pertahankan Posisi Puncak

Kekalahan kandang pertama Madura United pada 2023/2024

Bangkalan, IDN Times - Madura United harus menelan pil pahit pada laga terakhir Liga 1 Indonesia 2023/2024. Melawan Borneo FC di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan, pada Minggu (1/10/2023), Laskar Sapeh Kerrab kalah di depan dukungan ribuan pendukung. Tuan rumah kalah dengan skor tipis 1-2 dalam laga tersebut.

Madura United berupaya menguasai pertandingan sejak peluit babak pertama ditiup. Mereka tampak menggebu-gebu mencetak gol demi mengangkat mental para pemain. Pada menit ke 4, Madura United nyaris membuka keunggulan andai sepakan keras Francisco Rivera terarah. Sayang, tendangan pemain Meksiko ini masih ke atas gawang Borneo yang dijaga Nadeo Agrwinata.

Madura United benar-benar mendominasi laga pada 10 menit awal. Pertahanan mereka yang dikawal Fachruddin Aryanto dan Cleberson sulit ditembus Borneo. Namun, selang 10 menit kemudian, permainan agresif Madura mulai kendor. Mereka gantian digempur Borneo pada menit 20 ke atas. Sang lawan kerap membangun pola permainan counter attack yang dipelopori Stefano Lilipaly dari sisi sayap kanan. Pada menit 25, Borneo benar-benar membalikkan keadaan. Mereka berhasil mendominasi laga.

Malapetaka Madura United pun terjadi pada menit pertengahan babak pertama. Tepatnya pada menit 28, mereka harus kebobolan oleh Borneo melalui sepakan Terens Puhiri. Sang pemain menjebol gawang Madura melalui skema serangan balik. Tuan rumah masih berupaya membalas gol selama 10 menit laga berjalan. Beruntungnya, Madura berhasil melesakkan gol penyama kedudukan pada menit 39.

Pemain muda, Salim Tuharea, menjadi aktor setelah memanfaatkan kesalahan intercept yang dilakukan bek lawan. Skor imbang 1-1 pun bertahan hingga babak pertama usai.

Usai turun minum, kedua tim lagi-lagi mengusung permainan high pressing. Madura dan Borneo sama-sama ingin mencuri gol cepat. Borneo mengawalinya melalui sepakan jarak jauh Adam Alis pada menit ke 48. Sayang, sepakan eks Arema FC itu masih mengarah ke atas gawang Madura. Tuan rumah pun membalas dengan tendangan spekulasi Junior Brandao pada menit ke 54. Lagi-lagi, tendangan striker anyar Madura itu masih jauh di atas mistar gawang Borneo.

Tensi laga kedua tim menurun pada awal berjalannya babak kedua. Namun, pada menit ke 65, Madura nyaris menggenapkan keunggulan melalui tendangan pemain pengganti, Malik Risaldi. Sayang tendangan itu masih ditepis kiper Borneo. Selama 80 menit laga berjalan, kedua tim masih mencoba untuk membuka gol keunggulan.

Namun, gol pembeda terjadi pada menit 84. Lilipaly berhasil mengemas gol kedua bagi Borneo melalui back-pass blunder bek Madura. Gol itu rupanya bertahan hingga laga usai. Dengan begitu, Borneo sukses mencuri poin penuh usai membungkan Madura dengan skor 2-1.

Baca Juga: Serba-serbi Jelang Laga Madura United vs Bali United di Liga 1

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya