Comscore Tracker

Penuh Filosofi, Parade Jersey Klub Jatim di Liga 1 Musim 2021/2022

Ayo diborong ges, bantu pemasukan klub

Surabaya, IDN Times – Kompetisi Liga 1 2021-2022  resmi dilanjutkan. Hal ini diumumkan oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) pada Selasa (31/8/21). Untuk menyambut kompetisi ini, beberapa klub sepak bola di Jawa Timur telah merilis jersey barunya.

1. “Persebaya For Surabaya” tema jersey Bajul Ijo untuk tahun ini

Penuh Filosofi, Parade Jersey Klub Jatim di Liga 1 Musim 2021/2022Jersey baru Persebaya di Liga 1 2021-2022/ Instagram @persebayastore

Setelah ditunggu-tunggu, Persebaya akhirnya merilis "jubah perang mereka". Klub sepak bola dengan sebutan Bajul Ijo ini telah merilis jersey baru di akun instagram resmi @officialpersebaya. Teaser promo jersey tersebut pun banyak mendapat perhatian dari Arek Suroboyo.

Dengan harga Rp650 ribu pada batch 1, jersey baru tersebut telah terjual 500 lembar dalam waktu 59 menit. Lalu pada batch 2, dibanderol dengan harga Rp699 ribu. Sedangkan untuk harga normalnya adalah Rp850 rupiah yang nantinya dapat dibeli secara offline pada 30 Oktober 2021.

Mengusung tema “Persebaya For Surabaya”, jersey baru ini bermotif landmark atau tetenger Kota Surabaya. Mulai Masjid Al Akbar hingga Tugu Bambu Runcing menjadi motif kostum tersebut.

Bukan tanpa alasan, jersey ini juga digunakan untuk memberikan inspirasi pada pemain agar mengorbankan semangat Arek-arek Suroboyo. Selain itu, jersey hijau ini menegaskan bahwa Persebaya adalah bagian dari Kota Surabaya, masyarakat Surabaya, dan tentunya semua yang memiliki ikatan emosional dengan Kota Pahlawan.

2. Madura United tetap setia dengan motif Pesa’an

Penuh Filosofi, Parade Jersey Klub Jatim di Liga 1 Musim 2021/2022Jersey baru Madura United di Liga 1/ Instagram @maduraunited.fc

Pesa’an, baju adat Madura, dijadikan acuan untuk jersey home baru milik Madura United. Menggunakan strip merah putih sebagai identitas, motif ini menunjukkan bahwa klub turut serta membawa harga diri masyarakat Madura. Sedangkan untuk away, klub berjulukan Laska Sape Kerrab ini memilih warna hitam dengan tulisan berwarna abu-abu pada jersey-nya. Warna hitam dipilih karena desainer jersey Madura United ingin memberikan pilihan pada fans agar tetap bisa memakai baju ini kemana saja tanpa melepas identitas fans Madura United.

Berbeda dengan kedua kostum sebelumnya, jersey third mengundang banyak perhatian publik karena memiliki warna merah jambu dan bermotif garis horizontal tipis berwarna hitam pada bagian lengan dan leher. Jersey ini mendapat sebutan jersey comeback karena untuk menyambut sepak bola yang vakum akibat pandemi. Warna merah jambu dipilih karena Madura United ingin membuat gebrakan mengenai stereotip bahwa warna ini tidak hanya untuk salah satu gender.

3. Motif relief Candi Badut pada jersey baru Arema FC

Penuh Filosofi, Parade Jersey Klub Jatim di Liga 1 Musim 2021/2022Jersey home terbaru Arema FC untuk musim 2021/2022. IDN Times/Alfi Ramadana

Selasa (17/8/2021), Arema FC merilis jersey baru di kantor Arema FC. Peluncuran itu sekaligus untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia. Diproduksi oleh Singo Edan Apparel (SEA), jersey home Arema FC mengangkat semangat kejayaan masa lampau Malang Raya dengan menambahkan motif relief kinara kinari pada Candi Badut. Motif ini bergambar sepasang laki-laki dan perempuan berkepala manusia dan berbadan burung, yang bertugas untuk menjaga mata air kehidupan. 

Dijual dengan harga Rp500 ribu, jersey ini menggunakan kain jenis drifit motif kultus dan 3D TPU untuk logonya. Kain jenis ini adalah kain yang ringan dan mudah untuk menyerap keringat sehingga lebih nyaman digunakan oleh pemain. Selain itu, Arema FC juga menyiapkan jersey replika untuk memfasilitasi Aremania yang belum bisa membeli jersey authentic.

4. Mengangkat kearifan lokal, Persela menggunakan motif batik khas Lamongan pada jersey barunya

Penuh Filosofi, Parade Jersey Klub Jatim di Liga 1 Musim 2021/2022Jersey baru Persela di Liga 1/ Instagram @perselafc

Menggandeng Adhoc Apparel, Persela mengangkat kearifan lokal dengan menggunakan motif batik lokal yang berasal dari Desa Sendang pada jersey barunya di Liga 1 2021-2022. Selain itu, pada bagian depan jersey terdapat bandeng dan lele, yang merupakan ikon kebanggaan Lamongan.

Maksud dari ditambahkannya kedua ikan tersebut pada jersey baru Persela adalah sebagai penguat bahwa Persela itu berasal dari Lamongan. Berwarna biru muda dan navy pada bagian lengan, jersey dibanderol seharga Rp275 ribu itu dapat dibeli di Persela Store yang berlokasi di Plaza lamongan.

Baca Juga: Persik Kediri Rilis Jersey Terbaru Untuk Kompetisi Liga 1 2021

5. Harapan Persik Kediri tergambar pada jersey barunya

Penuh Filosofi, Parade Jersey Klub Jatim di Liga 1 Musim 2021/2022Jersey Persik Kediri untuk musim 2021/22. (instagram.com/persikfcofficial)

Tak mau kalah. Persik Kediri juga meluncurkan dua jersey baru untuk menyambut Liga 1 2021-2022. Kedua jersey tersebut berwarna ungu dan merah muda. Ungu kembali dipilih karena merupakan warna kebesaran Persik Kediri. Motif loreng macan juga ditambahkan pada jersey baru untuk menambah kesan garang. Selain itu, macan juga sebuah julukan untuk klub ini. Sedangkan warna merah muda terinspirasi dari jersey persik di musim 2007. Harapannya, pemain dapat bermain dengan semangat seperti saat tahun 2007.

 

Penulis Magang: Jovanka Okta

Baca Juga: 8 Jersey Klub Sepak Bola Ini Sangat Mirip, Klub Mana Saja?

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya