Comscore Tracker

Piala Dunia U-20 2021 Makin Dekat, PSSI Tinjau Stadion GBT

Pastikan sejauh mana persiapan GBT

Surabaya, IDN Times - Pelaksanaan Piala Dunia U-20 2021 sudah semakin dekat. Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) pun meninjau secara langsung perkembangan renovasi Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Rabu (5/8/2020). GBT akan menjadi salah satu venue kompetisi tingkat dunia tersebut.

1. PSSI tinjau GBT serta berikan hand sanitizer dan masker

Piala Dunia U-20 2021 Makin Dekat, PSSI Tinjau Stadion GBTStadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya. IDN Times/Fitria Madia

Rombongan PSSI disambut oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya yang diwakili Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Surabaya Afghani Wardana beserta jajarannya dan Kabid Bangunan Gedung Dinas Perumahan Rakyat Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKPCKTR) Kota Surabaya Iman Krestian. Tak hanya hendak meninjau perkembangan GBT, mereka juga memberikan hand sanitizer dan masker bagi para pekerja renovasi GBT.

"Jadi, setiap minggu itu FIFA minta laporan kepada kami, tidak hanya soal stadion, tapi juga kondisi Indonesia di tengah pandemik ini. Mereka ingin tahu kondisi Indonesia,” jelas Deputi Sekretaris Jenderal PSSI Dessy Arfianto.

2. Tinjau langsung perkembangan renovasi GBT

Piala Dunia U-20 2021 Makin Dekat, PSSI Tinjau Stadion GBTStadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya. IDN Times/Fitria Madia

Tak berselang lama rombongan PSSI langsung memeriksa setiap kebutuhan Piala Dunia. Mereka mengamati  mulai sisi depan, belakang, dan dalam stadion. Mereka juga memasuki ruangan-ruangan dalam stadion dan membahas ruang apa saja yang dibutuhkan. Saat itu mereka juga memberikan catatan di tiap pintu ruangan sebagai rekomendasi peruntukan ruangan tersebut.

"Kebetulan di GBT ini banyak sekali ruangannya dan sangat luas. Alhamdulillah tidak ada kendala yang berarti yang harus diperbaiki,” tuturnya.

Baca Juga: Sempat Terkendala Pandemik, Renovasi Stadion GBT Selesai Desember

3. FIFA meminta laporan persiapan stadion secara berkala

Piala Dunia U-20 2021 Makin Dekat, PSSI Tinjau Stadion GBTRenovasi Stadion Gelora Bung Tomo, Minggu (29/12). Dok Humas Pemkot Surabaya

Dessy menjelaskan bahwa pihaknya diminta FIFA untuk menyerahkan laporan persiapan setiap stadion yang menjadi lokasi Piala Dunia secara berkala tiap minggunnya. Untuk memastikan pembangunan dilaksanakan dengan cepat dan tepat sesuai kebutuhan FIFA, PSSI pun meninjau beberapa stadion secara langsung.

"Makanya mereka meminta bantuan untuk memberikan report-nya secara detail,” imbuhnya.

4. Renovasi terus berjalan

Piala Dunia U-20 2021 Makin Dekat, PSSI Tinjau Stadion GBTPetugas Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) tampak menyiram jalan masuk menuju GBT, Jumat (8/11). IDN Times/Idfy

Pada kesempatan itu, Iman menjelaskan bahwa beberapa pengerjaan renovasi GBT sudah selesai. Saat ini mereka tengah mengerjakan pengecatan tribun sebelum dipasangi kursi, pemasangan lampu stadion, dan perbaikan beberapa ruangan yang dibutuhkan atau yang diminta FIFA.

“Akses menuju GBT dan beberapa lapangan latihan juga terus kami garap. Bahkan, kami juga memohon bantuan Kementerian Pemuda dan Olahraga serta Kementerian PU untuk membangun tiga lapangan latihan itu. Semoga aja disetujui oleh mereka,” sebutnya.

Baca Juga: Baru Lelang, Pembangunan Tiga Lapangan Latih GBT Dimulai Agustus

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya