Comscore Tracker

Pengunduran Diri Azrul dari Persebaya Ditolak, Ini Alasannya

Mereka menyebut Azrul punya banyak raihan positif

Surabaya, IDN Times - Azrul Ananda sudah menyampaikan pengunduran dirinya sebagai Presiden sekaligus CEO Persebaya Surabaya kepada Koperasi Surya Abadi Persebaya sejak Senin (19/9/2022). Namun, pengunduran diri itu ditolak oleh pihak koperasi yang menaungi manajemen tim Bajol Ijo. Koperasi Surya Abadi Persebaya juga adalah salah satu pemegang saham Persebaya. 

"Adapun keputusan yang dihasilkan yakni, menolak pengunduran diri saudara dari posisi CEO PT Persebaya Indonesia," tulis Cholid dalam suratnya. 

1. Surat diterbitkan resmi oleh Ketua Koperasi Surya Abadi Persebaya

Pengunduran Diri Azrul dari Persebaya Ditolak, Ini AlasannyaSurat penolakan atas pengajuan mundur yang dilakukan oleh CEO Persebaya, Azrul Ananda. Dokumentasi Istimewa

Penolakan pengunduran diri itu diterbitkan dalam bentuk surat yang terbit pada Kamis (22/9/2022). Ada sejumlah poin yang tertuang dalam surat yang ditandatangani secara resmi oleh Ketua Koperasi Surya Abadi Persebaya, Cholid Ghoromah. Poin itulah yang menjadi pertimbangan untuk menolak pengunduran diri Azrul.

"Dasar kami, tidak ada satu alasan pun yang menguatkan untuk menerima pengunduran diri tersebut. Pasalnya, tidak ada satu pun kesepakatan dan atau perjanjian tertulis yang selama ini disepakati di antara para pihak yang dilanggar," lanjutnya.

2. Penolakkan didasari dengan pertimbangan yang matang

Pengunduran Diri Azrul dari Persebaya Ditolak, Ini AlasannyaSurat penolakan atas pengajuan mundur yang dilakukan oleh CEO Persebaya, Azrul Ananda. Dokumentasi Istimewa

Koperasi justru merasa mendapatkan manfaat sejak 2017, Persebaya dinahkodai oleh Azrul. "Baik dari sisi materiil, lewat kepedulian pada anggota KSAP yang notabene owner klub anggota Persebaya. Maupun benefit dari sisi materil. Persebaya mampu berkembang dengan baik di tangan saudara (Azrul)".

"Baik dari sisi brand maupun prestasi. Saudara mampu mengemban amanat yang diberikan seluruh stakeholder Persebaya," tambahnya .

Baca Juga: Mundur dari Persebaya, Azrul Minta Maaf ke Bonek

3. Koperasi mencatat ada banyak sisi positif Azrul selama di Persebaya

Pengunduran Diri Azrul dari Persebaya Ditolak, Ini AlasannyaPresiden Persebaya, Azrul Ananda saat menonton salah satu pertandingan Persebaya. IDN Times/Hendy Wardhana

Cholid lewat surat itu memaparkan, beberapa hal positif dan prestasi yang telah terukir dalam kurun Ima tahun terakhir, sejak Persebaya ditangani Azrul. Saat Azrul masuk ke Persebaya pada 2017, mampu mengembalikan kepercayaan pihak luar pada Persebaya. Setelah sebelumnya, terpuruk akibat dualime.

Tahun 2017, Persebaya Juara Liga 2 sekaligus promosi ke Liga 1. Sebuah prestasi yang sangat sulit digapai bila tanpa tata kelola manajerial profesional. Seiring dengan itu, brand Persebaya menguat. Selaras sebagai klub besar dengan penuh sejarah. Baik di kalangan bisnis, stakeholder sepak bola nasional maupun masyarakat umum. Sementara di usia dini, Persebaya mampu menjadi juara di Elit Pro Academy (EPA) U20 juara pada Tahun 2019.

"Catatan di atas hanya sebagian kecil yang bisa kami sampaikan. Tentu, lebih banyak lagi beberapa torehan prestasi yang dihasilkan Persebaya bersama saudara Azrul Ananda," tulis Cholid. 

"Karena itu, keputusan mundur bagi kami, tidak hanya menjadi kerugian besar bagi Persebaya, Sepak bola Surabaya tapi juga sepak bola nasional. Keputusan ini diambil secara bulat. Kami memohon dan berharap, saudara (Azrul) bisa mempertimbangkan kembali keputusan tersebut," tutup dia.

Baca Juga: Azrul Ajukan Resign dari Persebaya, Aji Angkat Bicara

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya