Fakta di Balik Kemenangan 5 Kali Beruntun Persebaya

Menang terus sampak kiamat Jol!

Surabaya, IDN Times - Persebaya Surabaya terus menjaga tren positifnya. Kemenangan demi kemenangan terus diraih tim berjuluk Bajol Ijo ini. Terbaru, tim asuhan Aji Santoso melibas Borneo FC dengan skor 3-2 di Stadion Joko Samudro, Gresik.

Dalam catatan pertandingan, Persebaya mendapatkan beruntun dalam lima pertandingan terakhir. Satu pertandingan didapat saat penutupan putaran pertama. Tim kebanggaan arek-arek Suroboyo ini membungkam Dewa United FC dalam laga tandang dengan skor 1-2.

Memasuki putaran kedua, Persebaya membukanya dengan kemenangan saat melawat ke Tangerang. Persita ditekuk dengan skor telak 0-5. Dilanjut kemenangan kandang 2-1 lawan Bhayangkara FC. Selanjutnya bertandang lawan Madura United FC 0-2 dan kandang lawan Borneo FC dengan skor 3-2.

Nah, di balik kemenangan beruntun itu ada sejumlah fakta-fakta menarik.

1. Sho Yamamoto paling berperan

Fakta di Balik Kemenangan 5 Kali Beruntun PersebayaSho Yamamoto (instagram.com/officialpersebaya)

Pemain asing Persebaya asal Jepang, ShonYamamoto mencatatkan statistik istimewa. Sho paling produktif dalam lima pertandingan terakhir. Dia mencetak tiga gol. Masing-masing saat melawan Dewa United FC, Persita dan Borneo FC.

Perannya di lini tengah juga kian meningkat ketika manajemen Bajol Ijo mendatangkan Ze Valente. Sho tampak semakin luwes menari-nari di atas lapangan hijau. Dia kerap memberi umpan kunci alias assist. Terbaru, Sho memberi assist kepada penyerang sayap Ahmad Nufiandani saat lawan Borneo FC. Gol Dani di injury time itu membawa Persebaya menang.

2. Dua pemain asing baru bawa dampak positif ke Persebaya

Fakta di Balik Kemenangan 5 Kali Beruntun PersebayaZe Valente disambut Aji Santoso di latihan perdananya, hari ini. (Persebaya)

Langkah manajemen Persebaya mendatangkan gelandang asing asal Portugal, Ze Valente dan striker asal Brasil, Paulo Victor bak temuan kepingan yang hilang. Keduanya seolah langsung melengkapi kekurangan tim yang ada pada putaran pertama lalu. Mereka memberi dampak sangat positif di putaran kedua.

Ze Valente mencatatkan dua assist dalam empat laga yang dijalaninya bersama Persebaya. Yakni ketika menang lawan Bhayangkara FC dan Madura United. Memang, Ze menjadi pembagi bola yang luar biasa, baik ketika masih berseragam di PSS Sleman maupun kini di Persebaya.

Lebih lanjut, statistik Paulo Victor justru lebih menawan. Dia menjadi predator baru di Liga 1. Hingga kini, mantan pemain Visakha FC itu telah mencetak dua gol dalam empat pertandingan bersama Persebaya. Yakni saat lawan Persita dan Bhayangkara FC. Juga memberi satu assist sewaktu melawan Madura United.

Baca Juga: Persebaya Menangi Derby Suramadu, Aji: Pertandingan Menarik!

3. Seluruh lini Persebaya bisa cetak gol

Fakta di Balik Kemenangan 5 Kali Beruntun PersebayaZe Valente resmi bergabung dengan Persebaya. (Instagram/@officialpersebaya)

Persebaya menjadi tim yang tidak hanya mengandalkan pemain depan atau striker saja untuk memenangkan pertandingan. Urusan mencetak gol, Aji Santoso menggembleng semua pemainnya untuk bisa mencatatkan nama di papan skor.

Terbukti, semua pemain dari lini depan hingga belakang Persebaya bisa mencetak gol.

Tercatat, bek Rizky Ridho, Leo Lelis, Alta Ballah sudah cetak gol. Bahkan, Leo menjadi bek yang oroduktif dengan lima gol pada Liga 1 2022/2023. Pundi-pundi gol masih potensi bertambah. Selanjutnya di lini tengah dan sayap Persebaya juga gacor. Tak lupa lini depan kian produktif untuk membawa Bajol Ijo menang.

4. Kehilangan Marselino Ferdinan dan Paulo Victor

Fakta di Balik Kemenangan 5 Kali Beruntun PersebayaMarselino Ferdinan masuk daftar 60 Wonderkid versi The Guardian (instagram.com/marselinoferdinan10)

Nah, kemenangan demi kemenangan Persebaya ini juga diwarnai dengan kehilangan. Persebaya harus merelakan Marselino merajut mimpi di Eropa. Marsel--begitu sapaan karibnya- kini berkiprah di klub Divisi 2 Liga Belgia, KMSK Deinze. Seluruh manajemen tim hingga jajaran pelatih mendukung keputusan Marsel.

Terbaru, Persebaya tampaknya akan kehilangan sang predator Paulo Victor. Dia terlihat terpincang-pincang ketika lawan Borneo FC. Sehingga harus ditarik keluar digantikan Rumere pada menit ke-37. Pelatih Aji Santoso mengonfirmasi kalau striker bernomor punggung 9 itu cedera.

"Victor (cedera) hamstring, butuh waktu berapa lama saya butuh cek ke dokter nanti," ujarnya usai pertandingan lawan Borneo, Jumat (3/2/2023).

Baca Juga: Persebaya Kehilangan Leo Lelis saat Hadapi Borneo

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya