Eksodus Pemain, Persebaya Move On dan Buru yang Baru

Gae tim anyar maneh iki rek?

Surabaya, IDN Times - Persebaya Surabaya kembali melepas pemain kuncinya. Setelah trio asing, Taisei Marukawa, Bruno Moreira dan Arsenio Valport, kini giliran Alie Sesay yang mengakhiri cerita dengan Bajol Ijo--julukan Persebaya-. Tak hanya Alie, dua pemain lokal, Ady Setiawan dan Reva Adi juga tak lanjut bersama Persebaya.

Ady Setiawan dan Reva Adi mengikuti jejak pemain lokal lainnya yang sudah lepas terlebih dahulu. Seperti, gelandang Rahmat Irianto dan Ricky Kambuaya, striker Johan Yoga serta kiper David Ariyanto. Rumor yang beredar, pemain lokal lainnya juga akan berlabuh ke klub lain untuk kompetisi musim depan.

1. Kenalkan Andre Oktaviansyah dan M Zaenuri

Eksodus Pemain, Persebaya Move On dan Buru yang BaruAndre Oktaviansyah. Twitter.com/persebayaupdate

Meski banyak pemain kunci yang hengkang, manajemen Persebaya terus fokus mencari pemain baru sebagai pengganti. Salah satu pemain baru yang sudah dirilis ialah Andre Oktaviansyah. Andre merupakan gelandang Persikabo pada musim lalu.

Selama berkiprah bersama Persikabo, Andre dipercaya tampil sebanyak 25 pertandingan. Selama itu pula, Andre membukukan dua assist atau umpan yang bisa dikonversi sebagai gol. Pemain berusia 19 tahun ini pernah ikut membawa Indonesia U-16 juara Piala AFF U-16 tahun 2018 lalu. "Selamat datang Andre Oktaviansyah," tulis akun resmi Persebaya di Twitter dan Instagram. 

Selain Andre, Persebaya juga meresmikan mantan bek Persela, M Zaenuri. "Bersama klub sebelumnya, Persela, Zaenuri tampil sebanyak 25 kali dan menyumbangkan satu gol. Selamat bergabung dengan keluarga besar Persebaya, Muhammad Zaenuri," cuit akun Persebaya.

2. Mulai dekati Leo Lelis

Eksodus Pemain, Persebaya Move On dan Buru yang BaruLeo Lelis (instagram.com/leolelis93)

Sejumlah pemain juga masuk dalam radar manajemen untuk diboyong ke tim kebanggaan arek-arek Suroboyo. Salah satu nama yang menguat ialah bek asing Persiraja, Leo Lelis. Berdasar data situs Transfermarkt, Persebaya jadi klub peminat Lelis. Kini progres transfernya 50 persen.

"Saya tidak alergi dengan pemain asing yang pernah bermain di Indonesia, asal sesuai selera saya," ujar pelatih Persebaya, Aji Santoso.

Lelis menjadi buruan penting bagi Persebaya untuk menyiapkan komposisi tim musim depan. Pasalnya, bek tengah asing yang mengantarkan Persebaya finis posisi kelima, Alie Sesay tidak memperpanjang kontrak. Padahal, Alie sebelumnya hanya izin pulang untuk menikah. Tapi tak lagi kembali ke Surabaya.

Baca Juga: Tutup Kompetisi, Pemain Kunci Persebaya Bedol Desa?

3. Akan cetak pemain muda berkualitas dari klub internal

Eksodus Pemain, Persebaya Move On dan Buru yang BaruTaisei Marukawa saat merayakan gol bersama rekan-rekannya di Persebaya Surabaya. (instagram.com/taiseimarukawa)

Eksodusnya para pemain kunci Persebaya ini tentu menjadi pekerjaan rumah tersendiri bagi pelatih Aji Santoso. Mantan pelatih Persela Lamongan ini harus membuat komposisi tim baru. Mulai dari berburu pemain asing hingga menyiapkan pemain lokal pengganti.

Aji yang gemar mengorbitkan pemain muda berkualitas, akan memberi kesempatan kepada pemain jebolan akademi Persebaya. "Kami akan mulai latihan dengan internal, mereka akan lebih semangat, mudah-mudahan ada jebolan baru dari tim internal," dia menegaskan.

Baca Juga: Banyak Keluar, Ini Nama-nama Anggota Tim yang Bertahan di Persebaya 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya