Eks Striker Persela ke GBT Dukung Sang Anak di Timnas U-17

Anak itu adalah Arkhan Kaka

Surabaya, IDN Times - Eks Striker Persela Lamongan, Purwanto Suwondo datang langsung ke Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) untuk memberikan dukungan kepada anaknya yang merupakan penggawa Timnas Indonesia U-17 Arkhan Kaka yang akan berlaga melawan Ekuador di Piala Dunia U-17 2023.

Purwanto mengaku ikut merasakan tegang jelang pertandingan perdana Timnas U-17 Indonesia vs Ekuador. Padahal, sebagai mantan pemain sepak bola profesional, Purwanto mengaku sangat jarang merasakan ketegangan ini.

"Iya merasa ikut tegang, tapi saya sudah menitipkan pesan kepada Kaka," ujarnya saat di kawasan stadion, Jumat (10/11/2023).

Pesan yang diberikan kepada Kaka itu berupa semangat dan motivasi "Selama persiapan sampai sekarang saya selalu memberikan semangat untuk Kaka bahwa Piala Dunia ini adalah piala dunianya dia dan tidak mungkin diulangi lagi," katanya.

"Saya selalu berpesan buat dia harus punya etos kerja karena di usia 17 itu bukan skill yang utama tapi kerja di lapangan yang diutamakan," imbuh dia.

Purwanto mengaku kalau selama lima bulan ini sudah tidak bertemu Kaka secara langsung. Maklum, Kaka fokus pemusatan latihan dengan Timnas Indonesia U-17. "Sudah tidak pernah ketemu 5 bulan lebih dari cuman vidcall aja," katanya.

Meski lama tidak bertemu, Purwanto tetap menjaga komunikasi dengan Kaka. Bahkan, sebelum pertandingan perdana nanti, ia sempat telepon Kaka. Pada kesempatan itu ia mengingatkan agar Kaka fokus pertandingan saja.

"Tadi (komunikasi). Saya motivasi dia jangan berpikir main bagus atau jelek tapi tunjukkan etos kerja kamu di lapangan," katanya. Purwanto sendiri tak memberi target kepada Kaka. Karena ia tahu kalau itu akan membebani mental sang anak.

Baca Juga: Profil Penggawa Inti Indonesia di Piala Dunia U-17 2023

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya