Comscore Tracker

Caketum PSSI Ini Ingin Pulangkan Luis Milla untuk Latih Timnas Junior

Setuju gak nih?

Surabaya, IDN Times - Calon Ketua Umum (Ketum) PSSI Vijaya Fitriyasa memiliki keinginan untuk mengembalikan pelatih Lusi Milla apabila terpilih pada Kongres PSSI mendatang. Namun, keinginan itu tentunya harus dipertimbangkan lagi terkait nilai kontrak yang dibanderol pelatih berkewarganegaraan Spanyol itu.

1. Diminta latih timnas kelompok umur

Caketum PSSI Ini Ingin Pulangkan Luis Milla untuk Latih Timnas JuniorLuis Milla (kanan) dan Widodo Cahyono Putra saat berada di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali. Instagram.com/widodocp7

Jika nilai kontrak yang dibanderol Milla masih masuk akal, Vijaya bertekad memulangkannya ke Indonesia. Tapi, ia ingin sang pelatih menjadi juru taktik bagi timnas kelompok umur terlebih dahulu.

"Luis Milla sebenarnya bagus. Tapi kita (masyarakat) tuntutan instan. Milla difokuskan junior sampai senior. Senior hasil junior, kita jadikan ke pemain timnas itulah," ujarnya usai acara diskusi #PSSIHarusBaik2 di Gedung Graha Pena, Surabaya, Rabu (23/10).

2. Jika kontrak tinggi, pilih cari pelatih lain

Caketum PSSI Ini Ingin Pulangkan Luis Milla untuk Latih Timnas JuniorPelatih timnas U-23 Luis Milla. INASGOC/Charlie

Tapi, jika nilai kontrak yang dipatok oleh Milla masih tinggi, Vijaya bakal mengkaji ulang keinginannya. Ia lebih memilih mencari pelatih yang satu level dengan Mila, yang nilai kontraknya ada di bawahnya.

"Mungkin (kembalikan) Milla. Segi kualitas bagus. Tapi masih ada pelatih yang sebagus Milla, nilai kontrak yang lebih murah," kata Vijaya.

Baca Juga: FIFA dan AFC Pastikan Hadir di Kongres PSSI

3. Contohkan seperti timnas Myanmar

Caketum PSSI Ini Ingin Pulangkan Luis Milla untuk Latih Timnas JuniorIlustrasi logo PSSI. pssi.org

Pria yang juga menjabat sebagai CEO Persis Solo ini mencontohkan, mantan pelatih Myanmar asal Jerman, Gerd Zeise yang diminta melatih timnas kelompok junior. Alhasil, timnas Myanmar U-20 bisa masuk Piala Dunia.

"Contoh mantan pelatih Myanmar yang dari Jerman, bisa naikan tim junior Myanmar. Bahkan bawa ke Piala Dunia," kata Vijaya.

4. Kualitas pemain juga harus dibenahi

Caketum PSSI Ini Ingin Pulangkan Luis Milla untuk Latih Timnas JuniorHansamu Yama Pranata. IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Meski begitu, indikator pelatih tak cukup untuk mengangkat prestasi timnas. Menurut Vijaya, kualitas pemain harus terus ditingkatkan.

"Utama materi pemain harus diperbaiki dulu. Sebaik apapun pelatihnya, kalau pemainnya saya rasa susah. Kalau sudah diperbaiki pemain, kita cari pelatih bagus," pungkasnya.

Baca Juga: PSSI akan Adakan Kongres, Ini Enam Pernyataan dari Kemenpora

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya