6 Klub Sepak Bola Asal Malang Hasilkan Pemain Berbakat 

Sepak bola jadi olahraga paling populer di Malang

Malang, IDN Times - Malang Raya seperti tak pernah kehabisan talenta pemain-pemain muda berbakat. Setiap tahunnya selalu ada pemain muda yang berhasil mengorbit di kancah sepak bola nasional. Mulai dari era Aji Santoso, Khusnul Yuli, Dendi Santoso, Dedik Setiawan hingga terkini ada nama-nama seperti Titan Agung, Tito Hamzah merupakan pemain asli Malang yang mampu menembus kompetisi Liga 1.

Banyaknya pemain asal Malang yang bisa menembus kompetisi profesional Indonesia juga tak lepas dari banyaknya klub yang ada di Malang Raya. Meskipun saat ini hanya ada satu klub yang berlaga di kasta tertinggi bukan berarti industri sepak bola di Malang Raya tidak ada. Tercatat ada cukup banyak klub bola di Malang Raya. Berikut 6 diantaranya. 

Baca Juga: Keren, Museum Motor Klasik Malang Miliki Koleksi Oplet Si Doel 

1. Arema Football Club

6 Klub Sepak Bola Asal Malang Hasilkan Pemain Berbakat PSM bermain imbang 1-1 melawan Arema FC dalam duel pekan pertama Liga 1 2021/2022. (ANTARA/Yulius Satria Wijaya/rwa).

Pecinta bola tentu sudah tak asing dengan klub satu ini. Arema Football Club atau yang lebih dikenal sebagai Arema FC saat ini merupakan tim asal Malang yang berkompetisi di kasta tertinggi Liga 1. Klub yang berdiri pada 11 Agustus 1987 ini merupakan salah satu klub besar di Indonesia yang memiliki basis suporter besar bernama Aremania. Setiap tahunnya Arema FC selalu berada pada jalur persaingan gelar juara. Nama-nama besar pun silih berganti berdatangan membela Arema FC. Pada kompetisi kali ini, Arema FC masih tertahan di peringkat 5 klasemen sementara Liga 1 dengan poin 58. Stadion Kanjuruhan menjadi markas utama dari Arema FC.

Baca Juga: Pupus Sudah Harapan Arema dan Persebaya Juara Liga 1 2021/22

2. Arema Indonesia

6 Klub Sepak Bola Asal Malang Hasilkan Pemain Berbakat Instagram/aremaidnofficial

Klub berikutnya yang berbasis di Malang adalah Arema Indonesia. Klub ini juga berdiri pada 11 Agustus 1987. Dahulunya hanya ada satu klub saja di Malang yang memiliki nama Arema. Tetapi setelah sempat terjadi permasalahan pada kisaran tahun 2011-2012 lalu, kemudian nama  Arema terpecah menjadi dua meskipun kini keduanya sudah berdiri sendiri dan sama-sama diakui federasi. Arema Indonesia sendiri saat ini berkompetisi di Liga 3. Stadion Gajayana menjadi markas utama bagi Arema Indonesia. 

3. Persema Malang

6 Klub Sepak Bola Asal Malang Hasilkan Pemain Berbakat Instagram/persemamalang.official

Satu kluh dengan sarat sejarah asal Malang tentu saja Persema. Klub berjuluk Bledeg Biru itu merupakan binaan Askot PSSI Malag yang didirikan tahun 1953 dan awalnya bermain di kompetisi perserikatan. Pada awal Persema  Malang berdiri dan berkompetisi, maka klub ini menjadi kebanggaan bagi warga Malang. Sebelum akhirnya pada akhir era 80-an muncul Arema Malang yang membuat Persema sedikit kalah bersaing. Persema sendiri terakhir kali berkompetisi di kasta tertinggi adalah musim 2012-2013. Nama-nama seperti Ahmad Bustomi, Bima Sakti, Kim Jeffrey Kurniawan hingga Irfan Bachdim merupakan pemain yang sempat memperkuat Persema saat itu. Kemudian setelah itu Persema lebih banyak bermain kasta  ketiga liga Indonesia hingga kini. Stadion Gajayana merupakan markas utama dari Persema Malang. 

4. Persekam Metro FC Malang

6 Klub Sepak Bola Asal Malang Hasilkan Pemain Berbakat Instagram/metrofcmalang

Bergeser sedikit ke wilayah Kabupaten Malang, maka di sana ada klub Persekam Metro FC Malang. Klub tersebut merupakan binaan dari Askab Malang yang berdiri pada tahun 1970. Klub ini merupakan salah sati penghasil pemain-pemain bagus di Malang Raya. Dedik Setiawan, Jayus Hariono hingga Kushedya Hari Yudo merupakan pemain-pemain yang sempat berkostum Persekam Metro FC. Namun, keberhasilan Persekam Metro FC mengorbitkan beberapa pemain bagus tersebut nyatanya tak  berbanding lurus dengan prestasi klub. Saat ini Persekam Metro FC berkompetisi di Liga 3. Stadion Kanjuruhan dan Stadion Kahuripan merupakan markas bagi klub berjuluk Macan Kumbang ini.

5. Persikoba Batu

6 Klub Sepak Bola Asal Malang Hasilkan Pemain Berbakat Instagram/persikoba_official

Tak hanya kota dan Kabupaten Malang saja yang memiliki klub bola. Kota Batu juga memiliki satu klub kebanggaan bernama Persikoba Batu. Klub berjuluk Elang Putih itu didirikan tahun 2003 oleh Askot PSSI Batu. Saat ini, Persikoba Batu lebih banyak berkutat di Liga 3 saja. Stadion Gelora Brantas merupakan kandang dari klub kebanggaan warga Kota Batu ini. 

6. NZR Sumbersari FC

6 Klub Sepak Bola Asal Malang Hasilkan Pemain Berbakat Instagram/nzrsumbersari

Satu lagi klub yang memiliki basis di Malang adalah NZR Sumbersari FC. Klub ini terhitung masih baru karena baru resmi berdiri pada tahun 2018 lalu untuk berkompetisi di Liga 3. Namun, nama Sumbersari FC sendiri sebenarnya sudah dikenal di Malang sejak tahun 1985. Tetapi sebelum menjadi sebuah klub bola, Sumbersari FC merupakan sekolah sepak bola (SSB) yang bernama Sumbersari Putra. Saat ini klub berjuluk Elang Selatan ini masih bermain di kompetisi Liga 3 meskipun sebenarnya mereka punya peluang promosi ke Liga 2. Tetapi setelah berhasil menjuarai Liga 3 zona Jatim, NZR Sumbersari FC justru gagal di penyisihan grup Liga 3 zona nasional. Stadion Gajayana merupakan markas dari klub tersebut. 

Baca Juga: Demi Aremania, Presiden Klub Minta Arema FC Sapu Bersih Laga Sisa 

Topik:

  • Zumrotul Abidin
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya