Comscore Tracker

Pulang ke Surabaya, Atlet hingga Official PON Papua Wajib Karantina

Semata-mata demi kesehatan para atlet

Surabaya, IDN Times - Beredar surat dari Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya kepada Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Timur (Jatim) pada 4 Oktober 2021. Isinya, atlet, pelatih maupun official yang pulang dari Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua diwajibkan menjalani karantina lima hari begitu pulang ke Surabaya.

1. Surat untuk perhatikan kesehatan atlet

Pulang ke Surabaya, Atlet hingga Official PON Papua Wajib Karantina

Kepala BPB Linmas Surabaya, Irvan Widyanto membenarkan bahwa surat tersebut diterbitkan pihaknya serta ditandatangani dirinya. Dia menegaskan, surat itu diterbitkan sebagai upaya memperhatikan kesehatan para atlet Surabaya pasca-kepulangan dari Papua.

"Mohon jangan diartikan macam-macam nanti mengganggu konsen para atlet kita yang sedang berlaga," ujarnya tertulis, Selasa (5/10/2021).

Baca Juga: Jatim di Peringkat 4 PON XX Papua, Koleksi 68 Medali

2. Masih dikoordinasikan alternatif lain jika atlet keberatan karantina

Pulang ke Surabaya, Atlet hingga Official PON Papua Wajib KarantinaKepala BPB dan Linmas Surabaya Irvan Widyanto. IDN Times/Fitria Madia

Meski sudah menerbitkan surat, Irvan menyampaikan kalau masih melakukan koordinasi terkait alternatif lain, apabila para atlet tidak berkenan atau keberatan menjalani karantina lima hari usai pulang dari Papua. "Jadi sekali lagi ini semata-mata upaya kita memperhatikan kesehatan para atlet kita yanf warga Kota Surabaya," tegas dia.

3. Pertimbangkan psikologis atlet

Pulang ke Surabaya, Atlet hingga Official PON Papua Wajib KarantinaSejumlah orang berpakaian adat nusantara menari di halaman Kantor Gubernur Papua, Sabtu (19/6/2021). Jelang 105 hari Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 edisi Kota Jayapura di tandai pemukulan tifa, pelepasan balon lampion ke udara, tarian nusantara. (ANTARA FOTO/Indrayadi TH)

Mantan Kepala Satpol PP Surabaya itu menambahkan, terkait hal-hal yang dirasakan mengganggu konsen para atlet, pelatih dan semuanya akan dikoordinasikan secara mendalam. "Kami juga mempertimbangkan kondisi psikologis para atlet dan semuanya. Sekali lagi selamat berjuang untuk menjadi terbaik," pungkas Irvan.

Baca Juga: Sementara, Jatim Kantongi 48 Medali di PON XX Papua

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya