Pengendara dari Madura ke Surabaya Harus Lewati Tes Swab Antigen

Kalau hasilnya reaktif langsung dites swab PCR

Bangkalan, IDN Times - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan menerapkan penyekatan di jalan menuju Jembatan Suramadu sisi Madura dalam beberapa hari ke depan. Tujuannya agar penyebaran Covid-19 tidak meluas ke daerah lain.

1. Yang reaktif langsung dites swab PCR di gedung BPWS

Pengendara dari Madura ke Surabaya Harus Lewati Tes Swab AntigenIlustrasi Swab Test (ANTARA FOTO/Moch Asim)

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bangkalan melalui Kepala Kesmas Aris Budhiarto mengatakan, pengendara yang melintas akan dilakukan tes swab antigen. Jika hasilnya positif akan dibawa ke ruang isolasi di gedung BPWS.

"Di gedung BPWS nanti akan kita swab PCR, kalau positif kita akan bawa ke Rumah Sakit Darurat Lapangan Indrapura," terang Aris, dikutip dari situs Pemkab Bangkalan bangkalankab.go.id  Selasa (8/6/2021).

Baca Juga: 2.600 Pengendara di Suramadu Dites Swab, 84 Orang Positif

2. Siap dikirim bantuan alat swab antigen oleh Pemprov Jatim

Pengendara dari Madura ke Surabaya Harus Lewati Tes Swab AntigenSeorang tenaga kesehatan mengambil sampel tes usap antigen COVID-19 dari seorang warga di Sekretariat Pewarta Foto Indonesia (PFI) Pusat di kawasan Ampera, Jakarta, Minggu (14/2/2021) (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Aris mengungkapkan, Dinkes Bangkalan menyiapkan 500 alat tes rapid antigen untuk persiapan beberapa hari ke depan. Menurut Aris pemeriksaan di Suramadu sisi Madura akan terus berlanjut selama kondisi pasien Covid-19 di Bangkalan masih tinggi.

"Kita juga akan dapat kiriman bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur sekitar 10 ribu alat rapid tes antigen," imbuhnya.

3. Pemkab mengimbau warga tidak bepergian ke Surabaya

Pengendara dari Madura ke Surabaya Harus Lewati Tes Swab AntigenPetugas medis melakukan tes swab antigen kepada pengendara dari Madura di Jembatan Suramadu. Dok. Istimewa.

Aris mengimbau kepada masyarakat, jika tidak mempunyai kepentingan yang mendesak agar tidak bepergian ke Surabaya. "Kurangi mobilisasi, tidak ada keperluan tidak usah bepergian keluar Bangkalan," katanya.

Baca Juga: Menolak Tes Swab, Warga Madura Tantang Polisi Duel di Suramadu

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya