Tangkal Candu Gadget, Istri Bupati Minta Orangtua di Madiun Kreatif

Penggunaan gadget perlu dibatasi

Madiun,IDN Times – Istri Bupati Madiun Penta Lianawati meminta para orangtua meningkatkan kebiasaan baca buku pada anak-anak berusia dini. Sebab, aktivitas itu dapat menangkal berkembangnya egoisme yang menjadi salah satu dampak negatif dari perkembangan teknologi informasi.

“Para orangtua perlu berinovasi, misalnya dengan gambar yang bagus dan mendongeng,” ujar perempuan yang juga menjadi ‘Bunda Baca’ Kabupaten Madiun dalam workshop minat baca di Pendapa Muda Graha Kabupaten Madiun, Kamis (28/11).

1. Orangtua diminta selalu kontak langsung dengan anak

Tangkal Candu Gadget, Istri Bupati Minta Orangtua di Madiun KreatifSuasana workshop minat baca di Pendapa Muda Graha Kabupaten Madiun, Kamis (28/11). IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Inovasi yang dilakukan para orangtua diharapkan melalui kontak langsung. Dengan demikian, ikatan emosional antara anak dengan orang tua semakin tinggi. Demikian halnya antar teman sepermainan.

“Pegang HP boleh, tapi tolong dibatasi. Tidak tiap hari karena akan menumbuhkan sifat egois,” ujar Penta.

2. Bagi orangtua yang sibuk diharapkan memiliki jadwal khusus dengan anak

Tangkal Candu Gadget, Istri Bupati Minta Orangtua di Madiun KreatifRia Enes dan Suzan saat mengisi workshop minat baca di Pendapa Muda Graha Kabupaten Madiun, Kamis (28/11). IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Ria Enes, narasumber dalam kegiatan workshop minat baca menuturkan orangtua memiliki peran penting dalam tumbuh kembang anak. Maka, sebisa mungkin mendampingi anak untuk bermain dan belajar setiap hari.

Bagi orangtua yang sibuk, ia menuturkan, diminta memiliki jadwal khusus untuk melakukan kegiatan bersama anak setiap harinya. “Gadget memang baik, tapi harus ada porsinya terutama bagi anak-anak usia dini,” ujar penyanyi yang terkenal selalu membawa boneka bernama Suzan di era 90-an ini.

3. Anak kecanduan gadget dampak pembiaran orang tua

Tangkal Candu Gadget, Istri Bupati Minta Orangtua di Madiun KreatifRia Enes.IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Disinggung tentang anak yang kecanduan game online atau gadget, Ria menyatakan sebagai dampak pembiaran orang tua. Kondisi ini dimungkinkan karena kesibukan ibu maupun ayah dalam bekerja.

“Kadang-kadang orangtua terjebak dengan kondisi. Memberi gadget agar anak tidak rewel atau karena kesibukan,” ujar dia.

 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya