Porang Bakal Dijadikan Wisata Edukasi di Madiun 

Pemkab buat etalase kebun di kawasan GOR

Madiun, IDN Times - Pemkab Madiun berencana membuat paket perjalanan wisata di wilayahnya. Sebagai rintisannya, pihak Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) setempat mendirikan Tourism Information Center (TIC) di areal perkantoran GOR Pangeran Timoer. "Nantinya, muaranya di TIC ini," kata Kepala Disparpora Anang Sulistyono, Rabu (19/1/2022).

1. Banyak pengunjung yang belajar produksi porang

Porang Bakal Dijadikan Wisata Edukasi di Madiun Sejumlah pejabat di lingkup Pemkab Madiun, BUMN saat berkunjung ke miniatur kebun porang di kawasan GOR Pangeran Timoer, Kabupaten Madiun. IDN Times/Nofika

Dari TIC, bakal menjadi titik awal perjalanan paket wisata. Sebab lahan kosong di kawasan GOR Pangeran Timoer itu telah ditanami porang varietas Madiun 1, yakni porang lokal setempat. Lokasi ini dijadikan destinasi wisata edukasi dari komoditas yang juga disebut iles-iles.

Rencana ini dilatarbelakangi ketenaran porang sebagai produk bernilai ekonomis tinggi. Karena warga Madiun dikenal sebagai pelopor budidaya tanaman ini, maka tak jarang tamu dari luar daerah melakukan study soal komoditas tersebut.

2. Lokasi wisata di setiap desa akan dikaitkan

Porang Bakal Dijadikan Wisata Edukasi di Madiun Dua anak sedang berenang di kolam 'Pancur 7' Desa Sumberbendo, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun. IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Setelah mendapatkan informasi tentang porang dan melihat contoh tanamannya, maka nantinya pelancong akan diantarkan ke Masjid Quba di kawasan Alun - Akun Caruban. Kemudian, perjalanan paket wisata akan diarahkan ke kebun porang di Desa Sumberbendo, Kecamatan Saradan.

"Dari TIC akan kami gabungkan dengan lokasi wisata di wilayah Caruban. Rute lainnya juga disiapkan di kawasan Selingkar Wilis," ujar Anang.

Baca Juga: Sudah Ada Pergub, Bibit Porang Tetap Langka

3. Akan libatkan komunitas penggemar Jeep dan trail

Porang Bakal Dijadikan Wisata Edukasi di Madiun Bupati Madiun Ahmad Dawami Ragil Saputro sedang nge-trail. Dok.IDN Times/Istimewa

Namun demikian, rencana paket perjalanan wisata di Kabupaten Madiun ini masih perlu dimatangkan. Komunitas penggemar mobil jeep maupun motor trail akan dimintai kesanggupannya dalam menjalankan program tersebut.

"Perjalanan wisata akan menggunakan mobil jeep dan trail. Komunitas sudah siap tinggal kami susun soal teknis dan tarifnya," ia menjelaskan

Baca Juga: Sudah Ditanam, 3000 Bibit Porang di Jember Dicuri

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya