Dua Pekerja Proyek Jembatan di Ponorogo Tewas Terimbun Material

Evakuasi dengan menerjunkan alat berat

Ponorogo, IDN Times - Kecelakaan kerja terjadi pada pelaksanaan proyek Jembatan Mijil, Desa Grogol, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo, Kamis (16/12/2021). Dua pekerja, yakni Mali dan Edi tewas tertimbun material pondasi jembatan penghubung antardusun tersebut. 

Ketebalan material yang menimbun dua pekerja itu sekitar 12 meter. Kondisi ini menyulitkan proses evakuasi hingga akhirnya pihak pelaksana proyek menerjukan ekskavator di lokasi kejadian. 

1. Tiga pekerja berhasil selamat

Dua Pekerja Proyek Jembatan di Ponorogo Tewas Terimbun MaterialLokasi jembatan yang ambrol dan menelan korban jiwa di Ponorogo. IDN Times/Istimewa

Sahudi, salah seorang pekerja proyek mengatakan bahwa dua pekerja yang tertimbun itu bertugas di bawah infrastruktur jembatan. Mereka bersama lima pekerja lain sedang memasang anyaman besi untuk mengecor pondasi.

Tiba - tiba, plengsengan di atas pondasi ambrol dan menimbun pekerja di bawahnya. "Tiga selamat, dua hilang, dan dua berhasil lari," kata Sahudi.

2. Sempat terdengar gemuruh sebelum kejadian

Dua Pekerja Proyek Jembatan di Ponorogo Tewas Terimbun MaterialJembatan di Ponorogo yang ambrol dan menelan korban jiwa. Dok.IDN Times/Istimewa

Kejadian ini membuat sejumlah pekerja yang dibagi dalam dua titik, yakni atas dan bawah jembatan panik. Aktivitas proyek pun terhenti. Sejumlah warga berdatangan ke lokasi kejadian untuk melihat proses evakuasi.

"Sebelum kejadian, sempat ada getaran dan suara gemuruh. Kemudian, pondasi langsung ambrol," ujar Sahudi.

Baca Juga: Tergenangi Aliran Waduk, Warga Ponorogo Pindahkan Makam

3. Pemkab sudah menerima informasi kejadian

Dua Pekerja Proyek Jembatan di Ponorogo Tewas Terimbun MaterialSatu unit ekskavator diterjunkan untuk mengevakuasi korban yang tertimbun pondasi jembatan di Ponorogo. Dok.IDN Times/Istimewa

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUKPKP) Ponorogo, Henry Indrawardana membenarkan kejadian itu. Hanya saja pihaknya belum mendapatkan informasi resmi dari pihak berwajib.

"Iya, memang benar (terjadinya pondasi jembatan yang ambrol). Tapi, untuk korban meninggal masih belum mendapatkan informasi lebih lanjut," kata dia saat dikonfirmasi.

Baca Juga: Lisdyarita, Gagal Nyaleg Justru Sukses Menjadi Wakil Bupati Ponorogo

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya