Dari DPRD Jawa Timur, Sugiri Pulang dan Menjadi Bupati Ponorogo

Dua kali mencalonkan diri sebagai kepala daerah

Ponorogo, IDN Times – Nama Sugiri Sancoko sudah tidak asing di dunia politik Jawa Timur. Ia pernah menjabat sebagai anggota DPRD Provinsi Jawa Timur dari Partai Demokrat untuk 2009 – 2014 dan 2014 – 2019.

Namun, masa jabatannya sebagai legislator pada periode kedua tidak tuntas. Sebab, pada tahun 2015 ia resmi mengundurkan diri sebagai syarat untuk mendaftarkan diri maju dalam Pemilihan Bupati Ponorogo. Kala itu, ia berpasangan dengan Sukirno sebagai calon wakil bupati.

Namun, pasangan yang diusung Partai Golkar, Partai Demokrat, PKS, dan Partai Hanura ini harus puas menempati posisi kedua dari empat kandidat. Sugiri – Sukirno mendulang 36,8 persen suara.  Sedangkan pasangan Ipong Muchlissoni – Soedjarno yang diusung Partai Gerindra, PAN, dan Partai NasDem meraup 39,7 persen.

1. Kalah pada pilkada 2015 tak membuatnya kapok

Dari DPRD Jawa Timur, Sugiri Pulang dan Menjadi Bupati PonorogoBupati Ponorogo Sugiri Sancoko di Puncak Petapan Gunung Pringgitan, Ponorogo. (instagram.com/sugirisancoko26).

Meski kalah dalam perhelatan politik pada 2015, niat Sugiri untuk menjadi pimpinan daerah Ponorogo tidak pupus. Pada pemilihan bupati – wakil bupati 2020, ia kembali unjuk gigi. Kang Giri, sapaan akrab Sugiri Sancoko, kembali maju sebagai calon bupati. Ia berpasangan dengan Lisdyarita sebagai calon wakil bupati.

Pasangan yang diusung PDI Perjuangan, PAN, PPP, dan Partai Hanura ini berhasil mengalahkan pasangan Ipong Muchlissoni – Bambang Tri Wahono dengan perolehan suara 61,7 persen. Sedangkan rivalnya hanya mengantongi suara 38,3 persen suara.

Dalam pilkada 2020, Sugiri tidak didukung oleh Partai Demokrat yang sebelumnya menjadi kendaraan politiknya. Sebab, partai berlambang mercy itu menjatuhkan rekomendasi pada pasangan Ipong – Bambang.

2. Masih sering bernyanyi sambil memainkan gitar

Dari DPRD Jawa Timur, Sugiri Pulang dan Menjadi Bupati PonorogoBupati Ponorogo Sugiri Sancoko sedang memainkan gitar akustik. (instagram.com/sugirisancoko26)

Selain sibuk di dunia politik dan pemerintahan, Sugiri juga masih sering menyalurkan hobinya, yakni bernyanyi sambil bermain gitar. Di channel You Tube-nya, #sugirisancoko ada beberapa unggahan yang menampilkan hal tersebut. Akun #widhi hartono, misalnya, mengunggah Sugiri sedang menyanyikan lagu ‘Banyu Langit’ yang dipopulerkan Didi Kempot. Video itu di-publish setahun lalu.

Akun instagram #sugirisancoko26 juga memposting aktivitas serupa. Penggalan video berjudul ‘lagu lama untuk waktu yang lama’ itu diunggah pada 26 November 2017. Sugiri nampak menyanyikan lagu ‘Damai Bersama Mu’ yang dipopulerkan Chrisye dalam versi Jawa. 

Baca Juga: 5 Kuliner Ponorogo Yang Wajib Kamu Coba Saat Berkunjung

3. Pernah menjadi wartawan koran

Dari DPRD Jawa Timur, Sugiri Pulang dan Menjadi Bupati PonorogoBupati Ponorogo Sugiri Sancoko dalam kegiatan talk show. (ponorogo.go.id)

Aktivitas bermusik sudah dijalani Sugiri sejak lama. Bahkan, channel You Tube bernama #bandar absyar memperlihatkan video klip dari lagu ‘Ibu’ yang digubah oleh Sugiri Sancoko. Video dan lagu berbahasa Jawa itu di-publish pada 17 Februari 2014.

Aktivitas bernyanyi sembari memainkan gitar masing sering dilakukan pria yang lahir di Ponorogo pada 26 Februari  1971 ini. Ketika menemui warga, pria yang pernah menjadi wartawan koran ini terkadang juga bersenandung.

Baca Juga: Tiga Periode Duduk di DPRD, Aji Akhirnya Jadi Bupati Pacitan

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya