Anak-anak di Kabupaten Madiun Mulai Divaksinasi COVID-19

Mayoritas pesertanya masih pelajar

Madiun, IDN Times - Program vaksin anti COVID-19 bagi anak-anak usia 12-17 tahun mulai dilaksanakan di Kabupaten Madiun. Kegiatan itu diharapkan mampu mencegah semakin banyaknya remaja terinfeksi virus Corona.

Secara bergantian para remaja menerima suntikan vaksin di Kantor Desa Bulakrejo, Kecamatan Balerejo, Kamis (22/7/2021). Sebagian besar di antaranya merupakan pelajar. Mereka berharap melalui program itu mampu memenuhi syarat pelaksanaan pembelajaran tatap muka yang sewaktu-waktu dilangsungkan.

1. Salah satu syarat mengikuti pembelajaran tatap muka

Anak-anak di Kabupaten Madiun Mulai Divaksinasi COVID-19Ilustrasi pembelajaran tatap muka (dokumen)

Taat Andrean, salah seorang peserta di vaksin anti COVID-19 mengungkapkan sudah bosan dengan pembelajaran jarak jauh. Sebab, tidak bisa bertemu dengan teman-temannya. Untuk pembelajaran pun dinilai lebih sulit dibandingkan kegiatan belajar mengajar di kelas.

"Mudah-mudahan setelah divaksin pembelajaran tatap muka bisa dilaksanakan kembali," ujar pelajar SMK ini.

2. Juga menyasar warga dewasa

Anak-anak di Kabupaten Madiun Mulai Divaksinasi COVID-19Ilustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Jojon)

Kepala Desa Bulakrejo Zaenuri menyatakan bahwa selain anak-anak, vaksinasi itu juga menyasar warga dewasa. Adapun jatah yang tersedia dalam kegiatan tahap pertama itu lebih dari 700 dosis.

"Kami hanya ketempatan saja. Untuk pelaksanaannya ditangani petugas Dinas Kesehatan," ujar dia kepada wartawan.

3. Diharapkan mampu memberi kekebalan tubuh pada kelompok

Anak-anak di Kabupaten Madiun Mulai Divaksinasi COVID-19Ilustrasi Vaksinasi COVID-19 (IDN Times/Uni Lubis)

Pemberian vaksin anti COVID-19 bagi anak-anak diprogramkan pemerintah pusat mulai dilaksanakan bulan Juli ini. Tujuannya untuk mengurangi risiko meluasnya penyebaran virus Corona. Terutama bagi kalangan remaja yang nantinya akan menjalani pembelajaran tatap muka.

Melalui pemberian vaksin diharapkan mampu meningkatkan kekebalan kelompok dari serangan COVID-19. Tentunya setelah dua kali divaksin dan akan dilaksanakan beberapa pekan ke depan.

Baca Juga: Layani Warga Isoman, Pemkot Madiun Buka Dapur Umum RT 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya