Disebut Curang dalam Sidang MK, KPU Bangkalan Angkat Bicara

Mereka berencana melapor baik

Bangkalan, IDN Times - KPU Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur menjawab tudingan pemalsuan dokumen C1 yang dilontarkan Arif Sulaiman, kuasa hukum Caleg DPR RI dari Gerindra, Nizar Zahro. Ketua KPU Bangkalan, Zainal Arifin mengatakan tudingan Arif tidak berdasar.

1. Bagian dari strategi pengacara

Disebut Curang dalam Sidang MK, KPU Bangkalan Angkat BicaraIDN Times/Margith Juita Damanik

Dugaan pemalsuan dokumen C1 diungkap Arif berdasarkan fakta persidangan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di Mahkamah Konstitusi. Arif curiga karena selama persidangan, yang menjawab tuntutan pemohon adalah Panwas dan bukan KPU Bangkalan.

Menurut Zainal, tiap pengacara punya strategi bagaimana memenangkan sebuah perkara. Tidak merinci tuntutan pemohon bisa jadi bagian dari strategi pengacara KPU. "Tapi dalam salinan ke hakim, jawaban kami rinci. Termasuk C1 hologram di 11 kecamatan yang disengketakan, telah kami serahkan," kata dia.

2. Ragukan data perolehan suara yang disebutkan Nizar

Disebut Curang dalam Sidang MK, KPU Bangkalan Angkat BicaraIDN Times/Handoko

Keganjilan lain yang dilihat Arif adalah perbedaan jumlah perolehan suara dalam C1. Dalam C1 Pemohon, perolehan suara Nizar Zahro sebanyak 35 ribu. Sementara dalam C1 versi Bawaslu Bangkalan perolehan suara Nizar hanya 8000.

Ketua KPU Bangkalan, Zainal meragukan kevalidan klaim itu. Sebab, menurut data C1 berhologram, perolehan suara Nizar di Bangkalan adalah 22.990 suara. "Bagaimana kami mau memalsukan, waktu membuka kotak suara untuk dibawa ke MK saja, disaksikan Panwas dan Polisi," ujar dia.

Baca Juga: Faldo Maldini: Prabowo Gak Bakal Menang Pemilu di Mahkamah Konstitusi

3. KPU berencana melapor balik

Disebut Curang dalam Sidang MK, KPU Bangkalan Angkat BicaraIDN Times/Musthofa Aldo

Bagi Zainal, tudingan yang disertai ancaman melapor ke Bareskrim itu sangat merugikan KPU Bangkalan. Sebab itu, tidak menutup kemungkinan KPU yang akan melaporkan Arif Sulaiman.

"Kami masih akan berkoordinasi dengan KPU RI lewat KPU Jatim. agar dikaji semua aspek pidana dalam penyataan kuasa hukum Nizar. Kalau direstui, tentu kami akan menempuh jalur hukum," ungkap dia.

Baca Juga: Hilang Saat Melaut, Kakak Beradik Bangkalan Ditemukan

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You