Update 23 Orang Terseret Ombak di Jember, 10 Orang Meninggal

Satu orang masih dalam pencarian

Jember, IDN Times - Sebanyak 23 orang dilaporkan terseret ombak di Pantai Payangan, Dusun Watu Ulo, Desa Sumberejo, Kabupaten Jember sekitar pukul 00.25 WIB, Minggu (13/2/2022). Dari update pencarian, 10 orang ditemukan dalam keadaan tak bernyawa. 

1. 10 orang meninggal

Update 23 Orang Terseret Ombak di Jember, 10 Orang MeninggalUpaya pencarian korban terseret ombak di Jember. Dok Istimewa

Kasat Polairud Polres Jember, AKP M. Nai mengatakan hingga siang ini, sudah ditemukan 10 orang meninggal dunia, dan satu orang masih dalam pencarian, sisanya berhasil selamat.

"Dari 20-an orang itu, 10 orang ditemukan meninggal dunia, 8 ditemukan selamat, dan satu masih proses pencarian," ujar Kasat Polairud Polres Jember, AKP M. Nai, Minggu (13/2/2022).

Baca Juga: 23 Orang Terseret Ombak di Pantai Selatan Jember, 2 Meninggal  

2. 12 Orang Selamat

Update 23 Orang Terseret Ombak di Jember, 10 Orang MeninggalUpaya pencarian korban terseret ombak di Jember. Dok Istimewa

AKP M. Nai menjelaskan, rombongan datang ke Pantai Payangan pada tengah malam hari untuk menjalani ritual. Saat ini sebanyak 12 korban yang selamat telah dibawa ke Puskesmas terdekat untuk menjalani perawatan.

"Ritual itu diikuti sekitar 23 orang. 12 orang lainnya yang ikut ritual itu kini tengah menjalani perawatan di Puskesmas," katanya.

3. Pimpinan rombongan selamat

Update 23 Orang Terseret Ombak di Jember, 10 Orang MeninggalIlustrasi tenggelam. (dok. IDN Times/bt)

Lebih lanjut, saat ini polisi telah melakukan pemeriksaan lebih lanjut terkait kegiatan ritual yang dilakukan saat tengah malam di pantai.

"Proses sedang minta keterangan, dan polres Jember sudah bergerak mencari tahu pimpinan rombongan, yang juga selamat," katanya.

Sementara itu, Kapolsek Ambulu AKP Makruf mengatakan rombongan tersebut berasal dari berbagai kecamatan di Jember, antara lain Kecamatan Panti, Patrang, Sukorambi, Sumbersari, Ajung dan Jenggawah.

Rombongan berangkat dari titik berkumpul di Desa Dukuhmencek Kecamatan Sukorambi menuju Pantai Payangan pada Sabtu malam pukul 23.00 WIB.

Saat itu, ombak di laut sedang tinggi. Menurutnya rombongan yang datang sudah diingatkan petugas setempat agar tidak terlalu dekat dengan kawasan pantai.

"Sebelumnya sudah diingatkan oleh pengelola wisata untuk tidak ke laut dikarenakan ombak besar dan rombongan tetap ke Pantai guna melaksanakan ritual. Pukul 00.25 WIB 23 orang terserat arus air laut Pantai Payangan," ujar AKP Makruf.

Baca Juga: Kronologi 23 Orang Terseret Ombak Pantai Jember saat Ritual

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya