Hadapi Idul Fitri, Stok Daging di Banyuwangi Masih Surplus

Konsumsi masih di bawah kuota stok daging

Banyuwangi, IDN Times - Dinas Pertanian Kabupaten Banyuwangi mencatat, stok daging sapi dan ayam untuk memenuhi kebutuhan Ramadan dan menghadapi lebaran Idul Fitri masih terbilang surplus. Kepala Dinas Pertanian Banyuwangi, Arief Setiawan menjelaskan, stok daging sapi di Banyuwangi mencapai 6 ton per hari dari kebutuhan konsumsi rata-rata 4,6 ton per hari. Dari stok 6 ton, populasi sapi di Banyuwangi mencapai 119 ribu ekor sehingga masih bisa swasembada daging.

"Ketersediaan daging sapi hingga lebaran masih tercukupi, dan masih bisa swasembada, dikirim ke kabupaten tetangga," kata Arief, Jumat (24/5).

1. Stok daging ayam capai 13 ton per hari

Hadapi Idul Fitri, Stok Daging di Banyuwangi Masih SurplusIDN Times/Mohamad Ulil Albab

 

Tidak hanya daging sapi, Arief juga memastikan ketersediaan stok daging ayam di Banyuwangi yang mencapai 13 ton per hari. Sementara konsumsi daging ayam per harinya masih di bawah kuota stok, yakni 11 ton per hari.

"Untuk ayam populasinya di Banyuwangi 1,2 juta ekor. Jadi masih aman untuk persiapan Idul Fitri," ujarnya.

2. Sidak rutin selama Ramadan hingga Idul Fitri

Hadapi Idul Fitri, Stok Daging di Banyuwangi Masih SurplusIDN TImes/Mohamad Ulil Albab

 

Sementara untuk menjamin kualitas daging yang dijual di pasaran, pihaknya bakal rutin melakukan sidak (inspeksi mendadak) dan survey kualitas daging di sejumlah pasar di Banyuwangi. Dalam sidak, semua daging di lapak diambil sempelnya untuk dilakukan uji lab.

"Mengambil sampel daging, untuk menjaga kesehatan dan kelayakan konsumsi daging. Satu persatu daging ayam dan sapi dari pedagang dan jagal hewan diperiksa," katanya.

3. Sejauh ini belum ditemukan kecurangan pedagang

Hadapi Idul Fitri, Stok Daging di Banyuwangi Masih SurplusIDN Times/Istimewa

 

Dari hasil sidak di beberapa pasar, pihaknya belum menemukan daging sapi yang tidak layak konsumsi. Sidak ini untuk mengantisipasi adanya kecurangan dalam proses jual daging dengan kualitas daging sapi gelonggongan dan daging ayam tiren (mati kemarin).

"Untuk daging sapi kami bisa menjamin, karena proses pememotongan di Rumah Pemotongan Hewan (RPH). Jika dipotong di RPH itu sudah ada lisensi ASUH, aman, sehat, utuh dan halal. Kita memastikan daging ayam dan sapi sehat di konsumsi oleh masyarakat. Selain itu stoknya juga ada," ujar Arief.

Sementara untuk harga daging sapi dan ayam saat ini masih normal, sesuai dengan ketersediaan stok selama Ramadan. Harga normal daging sapi di pasaran mencapai Rp 129 ribu per kilogram, sementara daging ayam Rp30 ribu per kilogram.

Baca Juga: Dinas Pertanian Banyuwangi Pastikan Stok Daging Hingga Lebaran Aman

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya