Tunjungan Plaza Kebakaran Lagi, Diduga karena Korsleting Exhaust

Lah kebakaran lagi

Surabaya, IDN Times - Setelah beberap bulan lalu, Tunjungan Plaza (TP) Surabaya 4 kebakaran, kini giliran Tunjungan Plasa 1 yang terbakar, Rabu (17/8/2022). Diduga karena adanya hubungan pendek arus listrik atau korsleting pada kipas pembuang udara atau exhaust.

Menejemen Tunjungan Plaza Surabaya, Sutandi membenarkan adanya kebakaran tersebut. Ia menyebut asap muncul di exhaust salah satu tenant.

"Exhaust korslet di salah satu dapur tenant," ujar Sutandi ketika dikonfirmasi media.

Untungnya, api tersebut langsung dapat dipadamkan. Proses pemadaman api menyisakan asap. "Langsung bisa dipadamkan dan ya memang asapnya yang sisa," jelas Sutandi.

Ia memastikan, korsleting pada exhaust tersebut tidak akan menyebar ke stand lain. Sebab, kondisi sudah cukup aman. "Tidak menyebar tapi di salah satu tenant saja, asapnya dihilangkan dengan smoke extractor. Menunggu waktu untuk sisa asap keluar," tandasnya. 

Sebelumnya, pada Rabu (13/4/2022), kebakaran juga melanda TP 5. Kebakaran  yang terjadi pada pukul 17.35 WIB itu berasal dari salah satu restoran di lantai 5. Belakangan, hasil pemeriksaan Labfor Polda menyebut bahwa penyebab kebakaran bersumber dari akumulasi panas selama terjadinya hubung longgar listrik atau loose contact. Kondisi ini terjadi pada salah satu terminal kabel lampu penerangan, tepatnya di plafon teras bioskop yang berada di lantai 10 gedung tersebut.

Akibat loose contact, komponen terminal lampu pada plafon meleleh dan membakar isolasi kabel. Setelah itu ada percikan api membesar, kemudian mengenai media bahan mudah terbakar seperti plastik, kayu, kertas di sekitar area plafon bangunan tersebut. 

Baca Juga: [BREAKING] Tunjungan Plaza 5 Surabaya Terbakar, Pengunjung Berhamburan

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya