Perampokan Rumdin, Ini Peran Mantan Wali Kota Blitar

Samanhudi beri informasi kondisi dalam rumah dinas

Surabaya, IDN Times -  Mantan Wali Kota Blitar, M Samanhudi Anwar terlibat dalam aksi perampokan rumah dinas Wali Kota Blitar pada 12 Desember 2022. Ia berperan memberikan informasi kondisi dalam rumah dinas Wali Kota Blitar. 

Polda Jatim pun menangkap Samanhudin pada Jumat (27/1/2023). Samanhudi ditangkap di tempat olahraga di Blitar pukul 11.00 WIB. 

Kapolda Jatim, Toni Hermanto mengatakan, Samanhudi berperan membantu memberikan informasi kepada lima orang pelaku perampokan. Samanhudi memberikan informasi terkait isi dalam rumah dinas Wali Kota Blitar. 

"Ketagori dalam delik untuk pasal pencurian kekerasan  55 dan 56 KUHP dari yang bersangkutan kita (sebut? sebagai pelaku yang membantu (dalam hal ini Pasal)  56," kata dia. 

Direskrimum Polda Jatim, Totok Suharyanto mengatakan, Samanhudi kenal dengan dua tersangka otak perampokan ini yakni NJ dan ASM. Samanhudi mengenal keduanya saat berada di Lapas Sragen pada 2020 silam.  

"Kemudian di situ (lapas) mereka ketemu, kemudian memberikan informasi (dalam rumah dinas Wali Kota Blitar), selanjutnya oleh tersangka N dan satu tim lima orang itu kemudian dilakukan tindak pidana curas bulan Desmeber 2022," kata dia.

Saat ditanya apakah Samanhudi melakukan ini karena dendam, Totok masih akan melakukan pendalaman. Termasuk juga apakah Samanhudin ikut mendanai aksi tersebut.  

"Nanti dalam proses pembuktian. Kalau keterangan awal. Hanya memebrikan informasi tentang keterangan kondisi rumah dan uang," jelas dia. 

Samanhudin sendiri mengatakan, ia tak tau menau soal perampokan ini. Ia mengelak Perampokan itu untuk balas dendam. 

"Opo, saya gak tahu saya gak tahu. Sopo sing balas dendam," kata dia. 

Diberitakan sebelumnya, Polda Jatim telah menangkap tiga orang pelaku perampokan rumah dinas Wali Kota Blitar pada Kamis (12/1/2023) lalu. Tiga pelaku itu adalah NJ (54), ASM (54) dan AJ (57). Polisi masih mengejar dua orang tersangka lagi yakni Oki Supriadi dan Medy Afrianto. 

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya