Larangan Impor Thrift, Wagub Emil Siap Dialog dengan Penjual

Sampekno kabeh rek keluhanmu!

Surabaya, IDN Times - Pemerintah telah melarang impor baju, sepatu hingga tas bekas. Larangan ini menimbulkan kecemasan bagi mereka yang telah menggantung hidup di dunia jual beli pakaian bekas atau thrifting. Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elistianto Dardak pun membuka lebar pintu audiensi dengan penjual baju impor bekas. Apalagi, bisnis ini sudah menjamur di mana-mana. 

Ditemui di Airlangga Convention Center (ACC), Emil mengatakan, sesuai arahan pemerintah pusat, larangan impor baju bekas beralasan untuk melindungi industri dan UMKM fashion dalam negeri. Dengan harapan dapat memberikan kemajuan ekonomi.

"Nah cuma saya juga mendengar bahwa pedagang ini terus jualan apa, nah ini ayo kita bicara," ujar Emil, Sabtu (18/3/2023). "Silakan kalau mau audiensi sebagai asosiasi. Ayo kita cari solusi nanti kita bicara dengan pusat," ajak Emil. 

Dirinya berjanji akan terbuka dengan semua aspirasi yang disampaikan oleh pedagang baju impor bekas. Ia telah mengetahui, bahwa pedagang impor ingin pemerintah bukan cuma melarang tapi juga memberikan solusi terbik.

"Kita harus selalu terbuka terhadap aspirasi pelaku-pelaku ekonomi, mereka apa harapannya apa yang kita bisa sinergikan saya tidak bisa menjamin 100 jawabannya ada tapi komunikasi selalu menjadi langkah awal untuk kita mencari langkah yang lebih baik," ungkapnya. 

Seperti diketahui, presiden Joko "Jokowi" Widodo dengan tegas melarang impor baju bekas. Ini untuk melindungi industri fashion dan UMKM dalam negeri.

Larangan impor pakaian hingga sepatu bekas itu diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 18 Tahun 2021 sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 40 Tahun 2022 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 18 Tahun 2021 Tentang Barang Dilarang Ekspor dan Barang Dilarang Impor. Terbaru, Kementrian Perdagangan (Kemendag) telah memusnahkan 730 bal pakaian, tas, sepatu yang diduga impor dengan nilai Rp10 miliar

Baca Juga: Perbedaan Thrift, Thrifting, dan Thrift Shop, Wajib Tahu Bro!

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya