Ibu Hamil Melahirkan di Toilet Kereta Commuter Line Dhoho

Untung ada penumpang berprofesi tenaga medis

Surabaya, IDN Times - Kejadian heroik terjadi di Kereta Api (KA) Commuter Line Dhoho relasi Surabaya-Blitar via Kertosno, Sabtu (10/6/2023) petang. Seorang ibu hamil, melahirkan di dalam toilet KA. 

VP Corporate Secretary, KAI Commuter Anne Purba mengatakan, kejadian itu terjadi saat ibu hamil tersebut hendak turun di Stasiun Kediri, ia naik dari Stasiun Jombang. Namun, dalam perjalanan terjadi kontraksi yang menyebabkan ibu tersebut akhirnya melakukan persalinan sendiri di dalam toilet kereta ketiga Commuter Line Dhoho.  

"Pasca melahirkan dan pada saat bersamaan petugas keamanan kereta (WALKA) sedang berpatroli, pengguna tersebut melaporkan kejadiannya," ujar Anne. 

Petugas yang mengetahui hal itu langsung meminta bantuan dan berkoordinasi dengan kondektur. Petugas pun memberi pengumuman kepada para penumpang apakah ada tenaga medis. 

"Setelah diumumkan, ada salah seorang pengguna yang berprofesi sebagai bidan dan langsung membantu memberikan pertolongan pertama pada sang Ibu dan jabang bayi," jelas dia.

Petugas keamanan Commuter Line berkordinasi dengan petugas Stasiun terdekat yakni Stasiun Sembung untuk mempersiapkan kursi roda dan transportasi untuk memberikan pertolongan. Kemudian ibu dan bayi tersebut dibawa menuju fasilitas kesehatan terdekat.

"Sesampainya di Stasiun keduanya dibantu petugas dan salah seorang pengguna yang memiliki mobil untuk dibawa ke bidan terdekat yakni Bidan Idayaroh untuk mendapatkan perawatan medis selanjutnya," jelas dia. 

Pihaknya mengimbau kepada seluruh penumpang untuk menjaga kondisi dan kesehatan. Keselamatan merupakan hal yang penting selama perjalanan menggunakan kereta api. 

"Jangan segan untuk meminta bantuan kepada petugas baik di dalam kereta ataupun stasiun," pungkas dia. 

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Disiapkan saat Melahirkan Anak Pertama, Jangan Panik!

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya