Tekan Angka Kecelakaaan Mudik, Puluhan Sopir Tes Kesehatan 

Petugas juga memeriksa kendaraan

Bojonegoro, IDN Times- Puluhan sopir angkutan umum di Kabupaten Bojonegoro menjalani pemeriksaan kesehatan gratis oleh petugas Satlantas Polres Bojonegoro, Rabu (8/5). Kegiatanini dipusatkan di Terminal Rajekwesi itu bertujuan untuk menekan angka kecelakaaan.

Kasat Lantas Polres Bojonegoro, AKP Aristianto BS mengatakan, pemeriksaan kesehatan bagi para sopir angkutan umum tersebut merupakan rangkaian pelaksanaan operasi keselamatan Semeru 2019. "Tepat kemarin di hari ke sepuluh kami Satlantas Polres Bojonegoro melakukan pemeriksaan kesehatan bagi para sopir," katanya, Kamis (9/5).

1. Para sopir juga diberikan imbauan terkait pelanggaran lalu lintas

Tekan Angka Kecelakaaan Mudik, Puluhan Sopir Tes Kesehatan IDN Times/ Istimewa

Selain memberikan chek up kesehatan,  dalam kegiatan itu mereka juga diberikan  imbauan untuk mengurangi kecelakaan lalu lintas. "Pastinya dengan adanya pemeriksaan kesehatan diharapkan nantinya sopir saat berkendara dalam keadaan fit, karena keselamatan penumpang merupakan tanggung jawab dari sopir itu sendiri," katanya.

Baca Juga: Sungai Ingas Meluap, Puluhan Rumah di Bojonegoro Terendam Banjir

2. Petugas juga memeriksa kelayakan kendaraan

Tekan Angka Kecelakaaan Mudik, Puluhan Sopir Tes Kesehatan IDN Times/ Istimewa

Tak hanya mengecek kondisi kesehatan para sopir,  sejumlah kendaraan bus dan angkutan kota juga turut diperiksa kelayakannya. Menurut dia, upaya ini merupakan bagian dari pencegahan kecelakaan, serta monitoring kesiapan angkutan jelang mudik dan lebaran 2019. "Intinya kita periksa semua, baik sopirnya maupun angkot dan bus yang mereka bawa," tegasnya.

3. Operasi cipta kondisi pasca Pilpres 2019

Tekan Angka Kecelakaaan Mudik, Puluhan Sopir Tes Kesehatan IDN Times/ Istimewa

Rangkaian kegiatan operasi ini, lanjut Aristianto, adalah dalam rangka cipta kondisi pasca pemilihan presiden dan pemilihan Legislatif 2019. "Dengan pemeriksaan kesehatan dan kondisi para pengemudi serta awak bus oleh Urkes Polres Bojonegoro, kami harapkan tidak para sopir dapat berkendara dengan baik dalam melayani penumpang," katanya.

4. Pemeriksaaan kesehatan diikuti 35 sopir

Tekan Angka Kecelakaaan Mudik, Puluhan Sopir Tes Kesehatan IDN Times/ Istimewa

Acara pemeriksaan kesehatan ini sendiri diikuti sebanyak 35 sopir angkutan umum beserta kenek bus yang biasanya beroperasi di dalam Terminal Rajekwesi Kabupaten Bojonegoro. "Tentunya pelaksanaan kegiatan seperti ini akan terus kami lakukan. 

Baca Juga: Permintaan Tinggi, Harga Kebutuhan Pokok di Bojonegoro Merangkak Naik 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya