Comscore Tracker

Bawa Obor dan Kentongan, Polisi Keliling Gang Bangunkan Warga Sahur

Polisi juga menggelar makan sahur bersama ratusan warga

Lamongan, IDN Times- Ada berbagai cara seseorang dalam beramal ibadah di bulan suci Ramadan ini. Salah satunya membangunkan para warga untuk menunaikan makan sahur, Kamis (16/5).

Sambil membawa kentongan, berpeci serta menyalakan obor, ratusan personel polisi Polres Lamongan yang masih berseragam lengkap ini berkeliling di sudut gang sempit di seputaran kota Lamongan, untuk membangunkan warga.

1. Upaya menekan angka kriminalitas di Lamongan

Bawa Obor dan Kentongan, Polisi Keliling Gang Bangunkan Warga SahurIDN Times/ Imron

Tak ayal, kegiatan unik yang jarang terjadi itu mengundang gelak tawa. "Jadi kegiatan ini sengaja kita lakukan, sebagai bentuk tindak lanjut instruksi dari bapak kapalolda Jatim di tiap-tiap polres. Serta upaya patroli jalan kaki agar bisa menekan angka kriminalitas di Lamongan," kata Kapolres Lamongan AKBP Feby DP Hutagalung, usai acara.

2. Untuk menyerap aspirasi dari masyarakat

Bawa Obor dan Kentongan, Polisi Keliling Gang Bangunkan Warga SahurIDN Times/ Imron

Selain itu, kegiatan yang dilakukan oleh aparat penegak hukum itu juga untuk menyerap aspirasi masyarakat, baik terkait dengan pelayanan, permasalahan keamanan yang ada di sekitar rumah mereka masing-masing.

"Upaya yang kita lakukan ini selain menjaga kemanan patroli jalan kaki ini juga menyerap aspirasi masyarakat. Baik persoalan pelayanan, keamanan atau lainnya," terang polisi berpangkat dua melati di pundaknya ini.

Baca Juga: Bolehkah Minum Kopi Saat Sahur?

3. Kegiatan ini akan terus dilakukan hingga akhir bulan puasa

Bawa Obor dan Kentongan, Polisi Keliling Gang Bangunkan Warga SahurIDN Times/ Imron

Kegiatan membangunkan warga untuk melakukan aktivitas sahur di bulan suci Ramadan ini rencananya akan terus dilakukan oleh jajaran kepolisian Polres Lamongan hingga akhir bulan suci Ramadan tahun ini.

Usai membangunkan warga untuk sahur, Kapolres Lamongan bersama ratusan anggota komunitas motor dan mobil serta masyarakat Lamongan kota menggelar doa serta makan sahur bersama. 

4. Makan sahur di tengah jalan

Bawa Obor dan Kentongan, Polisi Keliling Gang Bangunkan Warga SahurIDN Times/ Imron

Uniknya, makan sahur bersama ratusan warga Lamongan itu diadakan di tengah jalan. Polisi dan masyarakat membaur menjadi satu. Usai menggelar sahur, satu per satu warga berebut swafoto dengan Kapolres Lamongan.

"Jadi ada suasana atau kenikmatan tersendiri ketika kami melakukan sahur bersama masyarakat secara lesehan di jalan. Kebetulan jalan ini juga lagi sepi. Di sini menunjukkan bahwa polri sangat dekat dengan masyarakat," pungkas Feby.

Baca Juga: Ratusan Masyarakat Lamongan Tolak Aksi People Power

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You