Comscore Tracker

Klik Link dari Nomor Tak Dikenal, Uang Rp10 Juta Wanita Ini Amblas

Ia dihubungi nomor tak dikenal

Tuban, IDN Times - Seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bertugas di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban menjadi korban pembobolan rekening. Wanita bernama Laida Maryati (47) itu menceritakan pengalaman yang kurang mengenakkan di media sosial. Dalam video yang diunggahnya di media sosial, Laida mengaku kehilangan uang sebesar Rp10 Juta yang ia simpan di tabungan Bank Rakyat Indonesia (BRI).

1. Berawal saat dihubungi nomor tak dikenal

Klik Link dari Nomor Tak Dikenal, Uang Rp10 Juta Wanita Ini Amblasilustrasi tabungan (IDN Times/Mela Hapsari)

Menurut pengakuan Laida, kasus pembobolan rekening miliknya tersebut bermula saat dirinya dihubungi nomor tak dikenal yang mengaku sebagai pengirim barang dari JNE. Nomor tersebut memintanya mengisi data dengan alasan pengiriman barang. Saat itu, Laida mengaku memang sedang menunggu barang miliknya yang sedang dikirim. Pelaku pun memberikan sebuah link dan memintanya mengisi data lewat link itu. Saat diklik, link tersebut bisa dibuka namun kolom-kolom dalam link itu tak bisa diisi. Ia pun terpaksa menutupnya kembali.

"Awalnya ada nomor tidak dikenal yang mengaku dari ekspedisi JNE meminta konfirmasi alamat karena ada barang yang mau dikirim," katanya dalam video yang dilihat IDN Times, Selasa (29/11/2022).

2. Ia kaget saat tiba-tiba mendapat pemberitahuan bahwa uangnya Rp10 juta raib

Klik Link dari Nomor Tak Dikenal, Uang Rp10 Juta Wanita Ini AmblasIlustrasi Pencuri (IDN Times/Mardya Shakti)

Lantaran tak bisa mengisi lewat link yang diberikan, Laida akhirnya memberikan alamat dan datanya melalui kolom chat. Namun, ia kaget bukan kepalang, sehabis maghrib ada notifikasi dari BRI bahwa ada beberapa pengeluaran keuangan. Laida merasa janggal karena tidak merasa bertransaksi apapun.

"Tiba-tiba uang saya ludes pindah ke rekening yang tidak saya kenal. Tanpa saya memberikan data dan kode apapun kepada siapapun," terang korban. Selain itu, Laida juga menerima notifikasi pemberian kode dan pemberitahuan perangkat layanan digital banking-nya yang berubah. Setelah dicek, uang Rp10 juta di rekeningnya telah raib.

3. BRI sebut hilangnya uang itu merupakan kelalaian nasabah

Klik Link dari Nomor Tak Dikenal, Uang Rp10 Juta Wanita Ini AmblasIlustrasi tabungan/sahabatpegadaian.com

Dikonfirmasi terpisah, Branch Manager BRI Tuban, Ayub Burhan mengatakan, kasus hilangnya uang tersebut merupakan kelalaian nasabah. BRI menurut dia telah melakukan investigasi terkait keluhan nasabah. Menurut dia, kejahatan yang dilakukan pelaku merupakan aksi mirroring atau penggandaan data.

"Ini akibat kelalaian nasabah dan ini seharusnya menjadi pelajaran bagi semua nasabah. Jangan asal klik link dari nomor-nomor tidak jelas yang terindikasi akan melakukan kejahatan," pungkasnya.

Baca Juga: Pembobolan Dana Bansos AS, FBI Sebut Ada Pelaku di Luar Indonesia

Imron Saputra Photo Community Writer Imron Saputra

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya