Bupati Ismu Lantik 8 JPT Pratama dan 6 Pejabat Fungsional 

Bupati Ismu: Pahami tupoksi, jangan selalu bupati

Sangatta, IDN Times - Setelah beberapa waktu ditunggu, akhirnya Bupati Kutai Timur (Kutim) H Ismunandar melantik 8 pejabat yang merupakan hasil seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama lingkup Pemkab Kutim dan 6 pejabat fungsional lainnya. Prosesi pengambilan sumpah janji jabatan digelar di Ruang Meranti, Sekretariat Kabupaten, Senin (23/9) pagi. Seluruh pejabat dilantik dan diambil sumpah berdasarkan Surat Keputusan Bupati Kutim Nomor 821.2/493/BKPP-MUT/IX/2019.

Pejabat yang dilantik menjadi pimpinan tinggi di 8 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ialah Basri sebagai Kadispora, Roma Malau sebagai Kadisdik, Poniso Suryo Renggono sebagai Kadis PPR (Pertanahan Penataan Ruang), Zaini sebagai Kadisperindag, Suriansyah sebagai Kadis Perpustakaan dan Kearsipan, Aji Wijaya Effendi sebagai Kadis LH. Adapun Ayub sebagai Kepala DKP (Dinas Kelautan Perikanan) dan Didi Herdiansyah melengkapi sebagai Kasat Pol PP.

Selain 8 JPT Pratama, Bupati Ismu juga melatik 6 pejabat fungsional lingkup Pemkab Kutim. Wabup H Kasmidi Bulang, Seskab H Irawansyah, Unsur FKPD, serta pejabat eselon 2 dan 3 lingkup Pemkab Kutim turut menyaksikan prosesi pelantikan tersebut.

Kepada pejabat yang baru dilantik, Bupati H Ismunandar memyampaikan beberapa pesan, antara lain meminta agar pejabat baru dapat memahami tugas pokok dan fungsi (tupoksi) sesuai jabatan.

"Jangan sampai segala sesuatu harus menunggu Bupati, sedikit-sedikit ke Bupati. Kecuali (ada urusan) lintas sektoral (yang) butuh penanganan lebih lanjut, baru (dilaporkan) ke Bupati. Karena (menangani secara sektoral) itulah tupoksi Kepala OPD," jelas Ismu yang mengenakan setelah jas berwarna hitam.

1. Bupati meminta seluruh pejabat Kutim tanpa terkecuali dapat bekerja dengan baik

Bupati Ismu Lantik 8 JPT Pratama dan 6 Pejabat Fungsional IDN Times/Humas Kutai Timur

Selanjutnya bagi pejabat fungsional diminta untuk terus meningkatkan profesionalisme di lingkup kerjanya dan punya peran penting dalam pembangunan. Orang nomor satu di Pemkab Kutim ini berharap setiap pejabat pimpinan OPD dapat memanajemen lingkungan internalnya dengan baik dan memahami visi misi Bupati Kutim. Namun yang terpenting, sambung Ismu, pejabat fungsional menjalankan tugas dengan berpedoman dan mengutamanan undang-undang dan peraturan yang berlaku.

"Amanah ini adalah (kesempatan) agar bekerja lebih baik. Jadilah seorang guru, digugu dan ditiru. (Contoh) Jika pimpinannya rajin masuk pagi, stafnya juga ikut rajin. Pulang juga sesuaikan jam kerja," tutur Bupati Ismu.

Tak hanya itu, demi kedisiplinan pejabat dan pegawai diinstruksikan bekerja sesuai jam kerja. Bahkan Bupati Ismu berharap para pejabat unsur pimpinan tetap berada di Kutim agar memudahkan koordinasi. Menutup arahannya, Bupati meminta seluruh pejabat Kutim tanpa terkecuali dapat bekerja dengan baik dibarengi integritas yang tinggi. Sebab, kepercayaan menjadi pejabat diberikan setelah melalui proses yang panjang. Seleksi yang hasilnya mesti mendapat persetujuan Komite ASN dan BKN. Ucapan selamat dari para undangan menjadi penutup acara pelantikan kali tersebut.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya